ahmad hudori. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

NASA: Badai Matahari 2013 Bisa Jadi Bencana

"Kita tahu bahwa badai matahari akan datang, tapi kita tak tahu seberapa buruk akibatnya."




Foto letupan matahari yang diambil dari satelit NASA (AP Photo/NASA)




VIVAnews - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperingatkan bahaya badai matahari. Sejumlah negara, termasuk Inggris akan menghadapi mati listrik dan hilangnya jaringan komunikasi secara meluas -- setelah Bumi dihantam 'badai luar angkasa'.



Jaringan listrik di Inggris akan mengalami panas berlebihan, akan ada gangguan perjalanan udara. Sementara, kerja peralatan elektronik terganggu, alat navigasi, dan satelit utama buatan manusia berhenti beroperasi -- saat Matahari mencapai kekuatan maksimumnya dalam beberapa tahun.



Ilmuwan senior NASA yakin, Bumi akan terpukul oleh tenaga magnetis dari jilatan api Matahari dalam level yang tak diketahui, setelah Sang Surya 'bangun dari tidurnya yang panjang' suatu hari di tahun 2013. Demikian diungkap dalam artikel yang ditulis di The Daily Telegraph.



Dalam peringatan terbarunya, NASA mengatakan, badai superkuat akan memukul bumi seperti 'kilat'. Efeknya, bisa mengakibatkan bencana bagi kesehatan di dunia, layanan gawat darurat dan juga kemanan nasional -- kecuali tindakan pencegahan sudah diambil sebelumnya.



Para ilmuwan percaya, badai matahari dapat merusak segala sesuatu, dari sistem layanan darurat, peralatan rumah sakit, sistem perbankan dan perangkat kontrol lalu lintas udara, hingga barang-barang sehari-hari seperti komputer dan iPod.



Karena ketergantungan manusia pada perangkat elektronik, yang sensitif terhadap energi magnetik, badai matahari bisa berarti kerugian besar dan berpotensi menjadi masalah serius bagi pemerintahan suatu negara.



"Kita tahu bahwa badai matahari akan datang, tapi kita tidak tahu seberapa buruk yang akan terjadi ," kata direktur divisi Heliophysics NASA, Dr Richard Fisher, seperti dimuat laman Telegraph, 14 Juni 2010.



"Ini akan mengganggu kerja perangkat komunikasi seperti satelit dan navigasi mobil, perjalanan udara, sistem perbankan, komputer, segala sesuatu yang elektronis. Ini akan menimbulkan masalah besar bagi dunia."



Sebagian wilayah Bumi akan kehilangan tenaga listrik. Dan untuk memperbaiki kerusakan yang ada, membutuhkan waktu yang tak sebentar.



Dalam konferensi cuaca baru-baru ini diselenggarakan di Washington DC, yang dihadiri para ilmuwan NASA, pembuat kebijakan, peneliti dan pejabat pemerintah, peringatan bahaya badai matahari diberitahukan.



Ini, kata Fisher, bukan sekedar peringatan, melainkan peringatan yang paling komperehensif. Badai, yang akan menyebabkan Matahari mencapai suhu lebih dari 10.000 F atau 5.500 derajat celcius -- sesuatu yang jarang terjadi.



Setiap siklus 22 tahun, energi magnetik Matahari mencapai puncaknya, sementara, jumlah bintik matahari (flare) mencapai maksimum setiap 11 tahun.



Kejadian pada 2013 menggabungan dua fenomena tersebut dan menghasilkan tingkat radiasi besar. Dia mengatakan sebagian besar wilayah dunia bisa menghadapi hidup tanpa listrik selama beberapa bulan, meskipun dia mengakui bahwa itu tidak mungkin.



Alternatif yang lebih mungkin adalah bahwa daerah yang luas, termasuk Eropa Utara dan Inggris yang memiliki jaringan listrik yang rapuh akan mengalami kelumpuhan energi, hidup tanpa listrik selama beberapa jam, atau beberapa hari.



Kata Fisher, persiapan harus dilakukan, pada level sama seperti menghadapi angin topan -- saat pemerintah tahu bencana sudah dekat namun tak tahu seberapa besar kerusakan yang akan terjadi.



"Saya pikir, yang jadi masalah utama adalah bahwa saat ini masyarakat modern sangat bergantung pada elektronik, ponsel dan satelit daripada sebelumnya," katanya.



Sebelumnya, National Academy of Sciences, dua tahun lalu, telah memperingatkan, jaringan daya, GPS navigasi, perjalanan udara, jasa keuangan dan komunikasi radio darurat bisa terganggu oleh aktivitas Matahari.



Kerusakan ekonomisnya bisa dua puluh kali lebih parah dari Badai Katrina -- yang menghancurkan New Orleans pada tahun 2005 dan merugikan secara ekonomi sekitar US$ 125 miliar.



Tindakan apa saja yang bisa dipersiapkan suatu negara? Kata Fisher, tindakan pengamanan. Termasuk pembuatan sistem cadangan energi untuk rumah sakit dan pembangkit listrik, pengembangan satelit yang lebih aman.



Saat ini, NASA terus menyelidiki pengaruh badai matahari di bumi dengan menggunakan puluhan satelit. Meneropong seberapa besar potensi ancamannya bagi Bumi. (umi)



• VIVAnews

komentar


dd

15/06/2010 ah.. biasa kalau di indonesia mah.. wong sering mati lampu,,, ya udah pakai lampu petromak juga beres...

kison

15/06/2010 Subhanallah.. kl ini smpai trjadi mkn sbntar lagi Dunia akan kembali ke zaman sblm ada teknologi Manusia akan lbh bnyk mengandalkan alam tapi.. alam tak selalu bersahabat Ya... Allah q yakin cobaanmu dapat kami atasi

abdurrahman

15/06/2010 cepat2 istighfar, segera tobat, Ingat ALLOH SWT.


putri

15/06/2010 sdh sa'atnya kita saling intropeksi diri. saling membenahi diri untuk bencana yg mungkin bs kita hindari sblm semuanya terjadi. sll berdo'a & berusaha lebih baik lg... semoga dunia & negara tercinta ini terhindar dr segala bahaya & ancaman. amin...

Cakra sena

15/06/2010 tidak ada yang dapat di dilakukan selain selalu memperbaiki diri dan mempersiapkan diri pada prediksi kondisi terburuk,

Retno

15/06/2010 Apakah itu semua benar2 akan terjadi?? Bagaimana antisipasi para cendekia antariksa dan pemerintah utk hal ini??

Andi

15/06/2010 masya Allah...mari kita perbaiki dir untuk menghadapi segala sesuatunya...

kelinci madu

15/06/2010 yaaaaaa............jadi katrok dech ..... bikin api unggun juga kaga napa2...........

tutik

15/06/2010 apakah itu namanya kiamat?
add

15/06/2010 saya kurang mengerti kenapa terjadi nya bdai matahari . bisa di uraikan tidak kenapa semua itu bisa terjadi . apa itu siklus perabad . .

army

15/06/2010 tuhan tau yang terbaik,, tetap tawakal

windz

15/06/2010 ga kebayang deh.. ketinggaLan hape sehari aja udah bikin keLimpungan.. apalagi idup berhari2 bahkan berbuLan2 tanpa hape, laptop, internet, listrik.. oh noooooo..... >,

teenzaika

15/06/2010 sebelumnya badai matahari khn udah pernah melanda bumi bagian kanada sekitar '83 ato '89 setidaknya ini bkn yg pertama kali n kita bs buat persiapan.. terutama mental ...

edg

15/06/2010 Alhamdulillah...... indonesia tidak termasuk dalam prediksi........ karena dah sering banyak musibah..... so dah kebal.

Agus Purnomo Depok Maharaja

15/06/2010 Ya Allah, ijinkan diri yang penuh dosa ini bertaubat sebelum nafas terakhir hamba. Amin

Hamba Allah

15/06/2010 kejadian yg sangat luar biasa... mengingatkan kita akan kebesaran kekuasaan ALlah yg tiada terhitung...

Hamba Allah

15/06/2010 Kejadian yg luar biasa... semoga itu bukanlah kemurkaan Allah... akan tetapi kita bisa menyikapinya dengan semakin berperilaku terpuji dihadapan-Nya

Lady

15/06/2010 "Setiap siklus 22 tahun, energi magnetik Matahari mencapai puncaknya..." nah, klo badainya dah reda, trus kondisi matahari gmn? apakah suhunya akan mereda dan tidak lagi sepanas suhu yg sekarang?

Arief

15/06/2010 Semuanya kita serahkan kepada ALLAH SWT. Dialah yang Maha Kuasa atas segalanya. Kita berdoa saja semoga semua itu tidak terjadi. Amin

add


15/06/2010 saya kurang mengerti kenapa terjadi nya bdai matahari . bisa di uraikan tidak kenapa semua itu bisa terjadi . apa itu siklus perabad . .

army

15/06/2010 tuhan tau yang terbaik,, tetap tawakal

windz

15/06/2010 ga kebayang deh.. ketinggaLan hape sehari aja udah bikin keLimpungan.. apalagi idup berhari2 bahkan berbuLan2 tanpa hape, laptop, internet, listrik.. oh noooooo..... >,

teenzaika

15/06/2010 sebelumnya badai matahari khn udah pernah melanda bumi bagian kanada sekitar '83 ato '89 setidaknya ini bkn yg pertama kali n kita bs buat persiapan.. terutama mental ...

edg

15/06/2010 Alhamdulillah...... indonesia tidak termasuk dalam prediksi........ karena dah sering banyak musibah..... so dah kebal.

Agus Purnomo Depok Maharaja

15/06/2010 Ya Allah, ijinkan diri yang penuh dosa ini bertaubat sebelum nafas terakhir hamba. Amin

Hamba Allah

15/06/2010 kejadian yg sangat luar biasa... mengingatkan kita akan kebesaran kekuasaan ALlah yg tiada terhitung...

Hamba Allah

15/06/2010 Kejadian yg luar biasa... semoga itu bukanlah kemurkaan Allah... akan tetapi kita bisa menyikapinya dengan semakin berperilaku terpuji dihadapan-Nya

Lady

15/06/2010 "Setiap siklus 22 tahun, energi magnetik Matahari mencapai puncaknya..." nah, klo badainya dah reda, trus kondisi matahari gmn? apakah suhunya akan mereda dan tidak lagi sepanas suhu yg sekarang?

Arief

15/06/2010 Semuanya kita serahkan kepada ALLAH SWT. Dialah yang Maha Kuasa atas segalanya. Kita berdoa saja semoga semua itu tidak terjadi. Amin

HP


15/06/2010 Cara mengatasinya adalah back to nature Semua harus dilakukan sendiri tanpa menggunakan listrik Kalau satelit komunikasi terpukul maka : 1. Transaksi melalui satelit akan off 2. Distribusi barang dan jasa off juga 3. Power plant akan off juga ALLAH hanya ingin menunjukkan bahwa dengan adanya badai matahari saja, simbol kecanggihan manusia --satelit--, fungsinya langsung collapse. Belum yang lain-lain ... yang sementara ini masih unpredictable ... Jadikanlah peristiwa akan kedatangan badai matahari sebagai langkah awal bagi pertobatan kita kepada ALLAH agar semuanya TIDAK TERLAMBAT.

Hardiyanto

15/06/2010 ini mungkin cobaan sekaligus hukuman atas keangkuhan kita, doyan berbuat dosa dan tidak bersyukur ats segala nikmatNya..

ABD JABAR

15/06/2010 semuai itu dapat menjadi bahan renungan bagi kita semua. banyangkan saja Matahari mencapai suhu lebih dari 10.000 F atau 5.500 derajat celcius, itu suatu hal yang sangat luar biasa. dan tidak mungkin akan menenggelamkan daratan, dengan mencairnya es di belahan kutup

science

15/06/2010 bantuin cari cara antisipasi bodoh! jgn cuma komat-i!!!

andi doank

15/06/2010 kira2 indonesia kena badainya gak ya>?

muh suali

15/06/2010 mungkin sudah waktunya...

moonbl@nc

15/06/2010 SUBHANALLAH... apakah itu tanda2 akhir zaman...?? apakah itu cobaan dari ALLAH SWT...??? ALLAHU AKBAR... begitu besar kekuasaanmu ya ALLAH...

budi

15/06/2010 LILLAHI TAALA AJA DECH, NASA SBG ALAT TEKNOLOGI CANGGIH BUATAN AMERIKA HANYA ALAT SAJA, SEMUA KEJADIAN DI ALAM SEMESTA INI HANYA ALLAH SWT YANG MAHA TAHU SEGALANYA

Aas Kartini

15/06/2010 Semoga Alloh melindungi kita dari bencana tersebut, karena hanya DIA yang bisa menolong kita....

jamal

15/06/2010 tetap tenang aja deh,......... mau palagi kita cuman bisa berusaha yg terbaik tp klw tuhan sudah mentakdirkan seperti itu ya.... pasrah deh.....
 
eko


15/06/2010 Semoga itu bukan kiamat.. serem ah,,

idhoets

15/06/2010 wo te thien...hau khe pa...jen jen te ...ce mo pan...

nureman

15/06/2010 sdh wktunya kali,,,,klo gerhana matahri d atas klo gerhana bumi bahaya d bawah si ntr kita ga bsa jalan

yusa nugraha

15/06/2010 Momentum utk membangun IGD di RSD dan SAR, secara komprehensif, rapid dan teritegrasi. Klo gak ada apa2 kan tetap bermanfaat utk unit reaksi cepat utk kesehatanmasyarakat bawah... semoga berhasil dan tak ada yg mubazir kalo utk rakyat.

doni esa

15/06/2010 subhanallah, smoga kembali mengingatkan kta akan kuasa allah, bagi kita lebih mawas diri, tidak merusak lingkungan agar, menyiapkan segala kemungkinan terburuk dari bencana baik fisik, spiritual.

Kado

15/06/2010 Klo beneran terjadi, ngeri juga sih... pa lagi kehidupan yang kita jalani saat ini sangat bergantung dengan listrik....

mimik

15/06/2010 sudah terbayang betapa menakutkan dampak yg ditimbulkan apabila ini benar2 akan terjadi... sama-sama berdoa...semoga kita semua melalui ini dg selamat..dan selalu siap akan apapun yg terjadi...

rendra

15/06/2010 mungkin ituadalah hari kiamat

hary

15/06/2010 wallahu a'lam bissawab

leo

15/06/2010 semoga tuhan tidak memberikan beban yang kami tidak bisa memikulnya.
 
Alexander


16/06/2010 Wahhh, berarti BACK TO ZERO akan terjadi kalau badai matahari itu benar-benar terjadi. Kale lebih panas dari neraka yaaaa

Alexander

16/06/2010 Wahhh, berarti BACK TO ZERO akan terjadi kalau badai matahari itu benar-benar terjadi. Kale lebih panas dari neraka yaaaa

irwans k rastAfara

16/06/2010 betul,,betul,,betul harus cpet bertobat!!! bertobatnya jangan pas takut aj,,,

Putry_Mama

16/06/2010 Naudzubillah.....,,,Ting bating....,,Amit2 jabang bayi...,, Jgn smpe trjadi...Kl di Indonesia mpe mti lmpu,,,,tmbh prah..,,emg udah ssh listrik..,,dtmbah kl hruz mti total...,,waaachh...,, Blum kawin gw..uupzz nikah...

andry

16/06/2010 ya buat semuanya,cptlah bertobat dan kembalilah kejln yg bnr.karena semua yg khan terjdi didunia ni kita ga khn prnah tw,,,,,, dan yg blm prnah merasakan surga dunia,cpt2lah......

PAN

16/06/2010 MOGA CUMA DI KIRIM BENCANA ITU UNTUK AMERIKA DAN ISRAEL AJA

andhika

16/06/2010 ...dan bersyukur. Alhamdulillah.

Rezzky

16/06/2010 Apa yang kita Perbuat semuanya pasti Akan Ada akibat nya... Mungkin Inilah Akibat Dari Segala Perbuatan Kita... Maka dari itu Mari kita sadari Semua Perbuatan buruk Kita Terhadap Bumi... Dan segerah lah kita Hentikan PERBUATAN BURUK kita

sulaiman

16/06/2010 mungkinkah ini sebagai pertanda akan munculnya imam mahdi, yang didahului dengan adanya peristiwa alam yang sangat besar. ya allah ampunilah segala dosaku dan dosa2 hambahmu yang selalu membuat kerusakan pada alammu

alex

16/06/2010 Hari itu pasti harus kita hadapi. Semoga kita mampu melewatinya dengan lindungan Tuhan
 
purnama dewi , Bali


16/06/2010 kLo iitu sudah menjadi kHendak yang Kuasa,,,,aku cma bIa pasrah ajh,, yang tau apa yang akan terjadi nanti hanya Allah SWT,, dan kLo memang benar Allah memberikan cObaan sperti itu,,,yhh apa Bole bUat,. mUngkin Allah pUnya reNcana lain untuk kIta sEmua,,,,

jumriani

16/06/2010 kl u pun bdai matahari itu benr2 nyata,, yah kita pasrahkan aja ma Allah SWA selain berdoa dan memohon perlindungan dariNYA,,,

kha

16/06/2010 siapapun ga ada yang berhak buat membuat UNDANG --UNDANG tentang kiamat.... itu adalah urusan TUHAN.......... jika kau takut akan nya tanyakan yang membuat film 2012............

Budi Santoso

16/06/2010 biar aja smua kan terjadi ,kita kan hanya jalani aja apa kehendak Tuhan...gitu kok psng

purnama dewi , Bali

16/06/2010 kLo iitu sudah menjadi kHendak yang Kuasa,,,,aku cma bIa pasrah ajh,, yang tau apa yang akan terjadi nanti hanya Allah SWT,, dan kLo memang benar Allah memberikan cObaan sperti itu,,,yhh apa Bole bUat,. mUngkin Allah pUnya reNcana lain untuk kIta sEmua,,,,

yogi

16/06/2010 semoga diberikan yang terbaik.. amien :)

tater ~

16/06/2010 aih !! jangan sampai dunk !! hidup ku kan baruu sebentar !!

cc

16/06/2010 di kampungku blm masuk listrik, so mau mati lampu atau gak desa talang bojong kecamatan kotabumi kabupaten lampung utara provinsi lampung gda mslah dgn mati lampu.

wiraku

16/06/2010 wah, kalau beneran niih, mungkin ini teguran agar manusia tidak serakah, tapi namanya manusia, saya si siap agar dapat lebih berhemat, heee.... soalnya tarip listrik mau naik di bulan juli ini. ha...haa..aa

nn

16/06/2010 @dd : jangan takabur pak..situ gak tau apa yang akan terjadi berikutnya..ingat mulutmu punya kuasa saat terjadi juga situ gak akan bilang dengan mudah.. buat semua manusia kita harus tau n sadar kalau akhir jaman kayaknya mang udah gak lama lagi.. banyak kejadian aneh terjadi cuma gak kita sadari.. mari dari sekarang kita sama2 memperbaiki serta membangun moral yang baik yang nantinya bisa menghindarkan kita semua dari kehancuran saat akhir jaman tiba..mari bertotat dan membangun negeri kita..
 
Nuzul Rahmat


16/06/2010 ini salah satu peringatan allah swt...

ninis

16/06/2010 waduh.... semoga Allah sellu mlndgi qta... dan bwt "dd" = aq stju dganmu... smga mxak tnah tdak mhal wktu itu....

bu

16/06/2010 Jesus akan datang segera

TREASURE

16/06/2010 kata siapa mau kiamat? wwkkwkkkk TOBATLAH RAME2 KALO GITU!! WKKKKWKKK

lucu

16/06/2010 LUCU JUGA YA!!! WWKWKKWWKKKK NTAR KITA BIKIN API UNGGUN RAME2 YA MERAYAKAN PERGANTIAN TAUN 2012 KE 2013... WWKKKK WWKWKKWKKWKK

Ita

16/06/2010 ya Allah berikan kami keselamatan y Allah mudah2an tidak seburuk yg kami bayangkan amin...

hadi

16/06/2010 ya allah ya rabbi ampunilah sgl dosa kmi.jauhknlah kmi dr sgla bencana.amin

ranggalazarus

16/06/2010 siap-siap aja deh ,, relain aja tuh BB,laptop,mobil,motor, dan gadget'' bergengsi ! ur lifestyle is nothing ! tobat karena ada issue kya gini sih tobat apaan tuh namanya, tobat itu hrs setiap waktu,, pada siapa mohon perlindungan ???

adhi depok

16/06/2010 harus banyak banyak doa.........n taubat...

adhi depok

16/06/2010 harus banyak banyak doa.........n taubat...
 
Pebranda


16/06/2010 Ini adalah salah satu hukum alam dan sebuah teguran dari sang maha pencipta Alloh swt agar kita selalu memelihara dimana kita berpijak dan harus selalu bersyukur atas nikmatNya yang telah diberikan.

taqem abiyoza

16/06/2010 ahahaa.......................jgn dihirau kn toe ! boleh2 aja...........percaya ! 99% pemikiran manusia,,,,,,,,,, percaya aja pada olloh,,,,,,,,, kalau itu terjadi...............itu memang kehendak olloh swt !

noname

16/06/2010 subhanalloh..... mudah2n kita berada pada lindungan alloh.amin......

Agung Gunawan Ag

16/06/2010 (-) ga bisa update status di situs jejaring lagi deh. and ga bisa cari info cepat lewat internet bakal menyiksa. huwf, cape deh (+) bisa ikut merasakan ketegangan global. bukan global warming lagi tapi global narvous juga. xixixi =) kalo bener terjadi ya terjadilah, kalopun mundur atau tidak jadi ya alhamdullillah. tapi seru juga kalo dunia ini semuanya gelap. emang sih, semua peralatan terutama ELEKTRONIK ga bisa difungsikan, saatnya otak cerdas yang bergerak. hehehe :D

sally

16/06/2010 ALHAMDULILLAH.............................

danar andriy whiskawin

16/06/2010 kun fayakhun

santi

16/06/2010 pesan buat semuanya, dr pd ngurusi ariel cs lbh penting ngurusi badai matahari, berpikirlah gmana caranya kita semua u/ menghadapi badai tsb krn yg pst tjd di dpn mata kita

ismail

16/06/2010 Mari kita segerah bertaubat mumpung masih ada waktu toh kalo ga terjadi untung didirikita masing2

na

16/06/2010 kiamat mkin deket ja,kt hrs introspeksi diri masing2,cpt2 b'tobat,,,, smw akn kmbli spt djman dlu sblm da teknologi yg kdg tnp kt sdari jstru merugikan diri kt sndr,,,,,,,,,,,,

ismail

16/06/2010 Mari kita segerah bertaubat mumpung masih ada waktu toh kalo ga terjadi untung didirikita masing2
Diana Mariatin


16/06/2010 Istigfar...semua jg milik Alloh SWT

RizkyAnanda

16/06/2010 WEsss Sesok Pindah Ke Galaxy Laen ae.. AKu Wes Pesen Tiket Ke galaxy Cybertron.. wakkaka

bayu

17/06/2010 manusia berencana Allah SWT yang menentukan ,,bukankah tidak ada yang mengetahui tantang hari esok ,,jangan kan dua tahun lagi,,,,Allahu a'llam,,

bayu

17/06/2010 besok kita masih hidup apa tidak ,,itu pun kita tidak tahu ,,jadi nikmati aja selama masih hidup,,kalaupun kita berusaha tapi Allah SWT lah yang menentukan,,,

wiwin amaliasari

17/06/2010 subhanaAlloh

Mhats

17/06/2010 Subhanallah, itu adalah kebesaran Allah, manusia harus ingat bahwa kita tidak ada apa-apanya

Malaikat

17/06/2010 Wahai smua umat manusia, jangan kamu dibodohkan dengan ramalan dunia yg sesat, karena itu akan menyesatkan kamu sendiri apabila kamu percaya dgn ramalan tersebut....Ingat,!!. Tuhan kita baik dan penyayang..tidak mungkin itu akan terjadi..jangan dengar suara setan yg suka menakutkan kamu. (Imanmu yg menyelamatkan engkau)

dimas_techno

17/06/2010 tuh coba... yang baca artikel ini gpp lah... emang udah cobaan mungkin.. berarti bakal ketahuan siapa orang yang mampu bertahan tanpa kemewahan..

enduut

17/06/2010 Badai matahari memang dahsyaaaat dan menyeramkan. tapppiii lebih dahsyaaat dan menyeramkan lagi yg sekarang terjadi dibumi pertiwi kita ini..Yaiitu... BADAI ASMARA..... cepat selesaikan masalah ini jangan sampai merusak Akhlak generasi muda kita........

Yandi

17/06/2010 Subhanallah..........Maha besar engkau ya Allah...........
 
morris


17/06/2010 siap2 pake lampu teplok...bener tuh wkwkwkw....ilmuwan kan kadang lebay

ernes da

17/06/2010 astaghfirullahaladzim...

yudet

17/06/2010 subhanallah..ya, semoga seandainya itu terjadi stdknya kt msh bisa menyalakan lampu teplok & makan gorengan

West Borneo

17/06/2010 hm...setidaknya Tuhan telah memberikan pelajaran yang sangat berarti buat seluruh umat manusia. Jangan pernah berharap bisa menghindar dari apa yg telah di turunkan Tuhan YME. ambil hikmahnya. Di Indonesia juga sudah sering tuh.....simulasi menghadapi masalah seperti dampak dari badai matahari (mati lampu, red). hehehhe...berdoa sajalah,,,Tuhan maha penolong,,,semoga kita diberikan keringanan dalam menghadapi cobaan dunia itu. amin ya robbal alamin.....

nelly.

18/06/2010 wahai manusia bertobatlah engkau sebelum hr itu tiba...........

aku

18/06/2010 gak enak.......

aku

18/06/2010 gak enak.......

dadan

18/06/2010 MANUSIA GA ADA APA2NYA!!!! JG SOMBONG, DUNIA BAKAL KEMBALI KE MASA LALU DIMANA ISLAM MENGUASAI SELURUH BUMI, YANG PUNYA NUKLIR GA BERMANFAAT,SATELITNYA RUSAK

nyoman

18/06/2010 Saatnya matahari mengeliminasi manusia2 jahat yang ada di bumi....kemajaun manusia adalah kehancuran bagi planet bumi dan lingkungannya...

sulistyo tetta

18/06/2010 Hendaknya manusia berdoa & bersama2 mempersiapkan diri, pemerintah juga hrs dapat mempersiapkan diri.., tetapi semua pasti & tetap dalam kendali Tuhan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar

Pengikut