ahmad hudori. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Subdomain CO.CC Memiliki Ranking Alexa Independen, Benarkah???

Entah kejadian ini sebenarnya sudah berlangsung lama atau belum, tapi yang pasti, saya baru mengetahui fenomena ini sore tadi. Yaitu ketika saya mengunjungi salah satu blog dummy yg menggunakan subdomain CO.CC.   Tak sengaja melihat nilai alexa blog tersebut berubah menjadi 8 juta-an, saya pun mengurungkan niat dan memilih membuat posting yang berkaitan dengan fenomena tersebut disini.

Terus terang, saya cukup kaget sekaligus gembira setelah melihat kejadian tadi. Bagaimana tidak, secara dari dulu subdomain co.cc itu ranking alexanya selalu ngikut pada top level domain dan tidak pernah bisa berdiri sendiri seperti pada subdomain blogspot.com ataupun subdomain wordpress.com. Namun, saat ini kasus itu ternyata sudah menjadi cerita lama. Kini subdomain CO.CC memiliki ranking alexa independen dan berdiri sendiri. Dengan demikian, nilai ranking alexa dari setiap subdomain co.cc yang kita buat tidak akan pernah sama dengan yang lain. Tentu buat para penggila bisnis online, kejadian ini harus di sambut dengan gembira dan wajib disyukuri, karena bagaimanapun juga keberadaan nilai rank alexa yang independen ini bisa menjadi nilai lebih bagi para advertiser jika kita menggunakanya untuk berburu dollar di internet.

Buat yang belum tahu soal ranking alexa independen dari subdomain co.cc ini, silahkan coba dilihat milik masing-masing, semoga hasilnya memuaskan dan tidak seburuk seperti blog bloggerterbaik saya dimana alexa nya baru 10 jutaan hehehe… maklum alexa generatornya kurang manjur heuheue…




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Hostmonster Pilihan Terbaik Hosting Murah

Keluarga-madinah-Dari pertama kali Anda memutuskan untuk menjalankan sebuah website atau blog, Anda harus sadar bahwa alih-alih nama domain, Anda juga akan perlu menyewa web hosting. Mencari web hosting murah perusahaan benar-benar mudah. Ada juta web hosting perusahaan siap melayani Anda di internet. Sayangnya, tidak semua web hosting perusahaan benar-benar melayani Anda dengan pelayanan yang baik. Banyak dari mereka hanya mencoba untuk menipu Anda dengan harga yang sangat murah tanpa pelayanan yang memuaskan. Tentu saja hal ini akan memberikan efek buruk bila Anda tergantung bisnis Anda pada hosting tersebut.

Untuk menghindari situasi seperti itu, Anda akan kebutuhan mutlak terbaik hosting murah. Maksudku, Anda tidak hanya harus bisa menemukan hosting murah, tetapi juga berkualitas hosting. Saat ini, tidak mudah untuk menemukan perusahaan hosting yang memberikan Anda berdua. Namun, tidak berarti bahwa itu tidak ada.

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, ada beberapa perusahaan hosting yang dapat dianggap sebagai yang terbaik perusahaan mutlak hosting murah. Salah satu yang saya sarankan adalah Hostmonster. Mengapa perusahaan ini? Berikut adalah alasan saya.

1. Harga sangat murah. Ini sekitar $ 5,9 - $ 6,9 jika Anda membayar bulanan. Selain itu, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk memiliki harga yang lebih murah ketika Anda membayar tahunan. Biasanya akan dikenakan biaya sekitar $ 3,9.

2. Semua fitur are awesome. Anda akan mendapatkan cPanel online tanpa batasan, unlimited space, unlimited domain dan transfer tak terbatas.

3. 24 / 7 support. Setiap kali Anda memiliki masalah atau pertanyaan, Anda dapat langsung chatting dengan dukungan pelanggan mereka. Terlebih lagi, mereka digunakan untuk merespon kita dengan cepat dengan jawaban membantu dan solusi.

4. Server yang berjalan cepat. Benar-benar tidak seperti perusahaan lain hosting murah yang memberikan pelanggan server yang sangat lambat.

Sebagai kesimpulan, walaupun saya bisa mengatakan Hostmonster bahwa adalah mutlak terbaik hosting murah, tapi harga masih sedikit mahal. Namun, itu bukan masalah besar jika Anda benar-benar peduli dengan situs Anda.

Catatan: Saya menulis "Hostmonster Pilihan Terbaik Hosting Murah" dalam blog ini benar-benar berdasarkan pengalaman Teman Terbaik saya . Sejauh ini Saya sangat puas dengan Hostmonster' ujar teman yang punya domain belajarseo.com,  hosting murah dan tidak murahan. Namun, jika Anda tidak setuju dengan pendapat saya di atas, tidak pernah ragu untuk meninggalkan umpan balik.

belajarseo.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

8 Cara Menghargai Diri Sendiri

Seberapa besar Anda menghargai diri sendiri? Jika belum, ambillah waktu sebentar dan lakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri.

1. Sediakan waktu. Menyediakan waktu untuk diri sendiri akan membuat pikiran segar kembali. Bahkan, menyediakan lima menit hanya untuk menutup mata dan memfokuskan pikiran dapat membantu Anda merasa lebih baik. Namun, akan lebih baik bila Anda bisa menyediakan waktu yang lebih banyak untuk memfokuskan pikiran pada diri sendiri dan apa yang perlu dilakukan.

2. Lakukan sesuatu yang baik untuk tubuh. Memang mudah mengabaikan kesakitan yang dirasakan tubuh dan lupa untuk mengurus diri sendiri. Cobalah berendam di air panas yang dicampur garam atau mintalah seseorang untuk memeluk. Bisa juga cobalah berdiri dan lakukan peregangan.

3. Buat diri sendiri merasa nyaman. Misalnya dengan menelepon teman atau minum teh hangat, tidur dengan bantal dan selimut yang nyaman, menulis buku harian, makan sesuatu yang disukai, mencium bau minyak aromaterapi seperti vanila, lavender, dan lain-lain.

4. Pergi ke dunia lain. Caranya adalah dengan membaca buku, menonton film, atau biarkan pikiran mengalir ke mana pun ia pergi.

5. Melakukan sesuatu yang konyol. Ini akan membawa keluar jiwa kanak-kanak yang ada dalam kepribadian kita dan memberi perasaan bahagia. Misalnya bermain busa sabun, membuat kue, mengamati awan dan mereka-reka bentuknya, serta bermain dengan hewan peliharaan atau otopet.

6. Cuti sehari. Apalagi bila Anda sudah merasa jenuh dengan pekerjaan sehari-hari. Ambil cuti sehari dan lakukan apa pun yang ingin dilakukan seharian penuh. Ini lebih baik daripada sehari di akhir pekan.

7. Jalan-jalan di tengah alam terbuka. Kadang kita lupa memperhatikan dunia yang terbentang di sekitar. Mengamati alam akan membuat kita merasa lebih enak dan kalem. Berjalanlah di taman. Amati dan pandanglah pohon, rumput, langit, kemudian bernapaslah.

8. Melakukan sesuatu yang sudah lama ingin Anda kerjakan. Mengapa menundanya lagi? Lekas kerjakan dan Anda akan merasa lebih baik. @diy Kompas .com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Di Dunia Zuckerberg, Tokoh Berjasa dan Terpopuler 2010

Mark Elliot Zuckerberg, pendiri jejaring sosial terpopuler saat ini, Facebook, terpilih menjadi tokoh tahun ini versi majalah TIME. Pendiri yang kini juga masih menjabat CEO Facebook itu mengalahkan popularitas Julian Assenge, pendiri Wikileaks, yang tengahmeroket namanya.

Ia terpilih karena dianggap telah berjasa mengubungkan lebih dari setengah juta orang di dunia dan membuat jejaring sosial di antara mereka. Sistem yang dikembangkannya dianggap telah mengubah informasi dan mengubah cara hidup manusia.

"Facebook telah menyatu dengan kehidupan sosial warga Amerika, dan tidak hanya Amerika tapi juuga umat manusia. Sekitar setengah orang Amerika memiliki akun facebook, namun 70 persen pengguna Facebook tinggal di luar AS. Ini merupakan fakta kehidupan sosial global yang tidak dapat dibantah. Kita telah memasuki era Facebook, dan Mark Zuckerberg adalah orang yang membawa kita semua ke sini," ujar pemimpin redaksi majalah TIME, Rick Stengel, saat mengumumkannya Rabu (15/12/2010) dalam acara televisi di NBC.

Jika Facebook dianggap sebuah negara, jumlah penduduknya saat ini menempati urutan ketiga dunia setelah China dan India. Satu dari 12 orang di dunia menggunakan Facebook. Mereka berkomunikasi dalam bahasa bermacam-macam hingga 75 bahasa dan menghabiskan waktu 700 juta menit setiap bulan di Facebook. Jumlah penggunanya juga masih bertambah dengan tingkat pertumbuhan 700.000 orang per hari.

Yang menarik usia Zuckerberg terbilang masih sangat muda karena baru 26 tahun. Ia membangun layanan jejaring sosial tersebut saat berusia 19 tahun ketika kuliah di Harvard tahun 2004 dari kamar asramanya. Awalnya, bernama Thefacebook.com dan hanya ditujukan untuk menjalin hubungan para mahasiswa. Kini, Facebook mendunia dengan pengguna lebih dari 550 juta orang.
Sumber : CNN

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bermain Catur Bisa Cegah Alzheimer',,?

Sebuah tantangan intelektual dilakukan dengan meniliti manfaat bermain catur. Juara Grandmaster Rusia Anatoly Karpov bertanding melawan Joel Lautier dari Prancis, untuk melihat apakah catur dapat mencegah penyakit Alzheimer.

Para ilmuwan memantau aktivitas otak pemain ketika bertanding, untuk mengukur tingkat stress, serta reaksi emosional dan psikologis. Mereka percaya, catur dapat memberikan obat penawar yang sempurna untuk Alzheimer.

"Ini bukan hanya gangguan memori, tetapi ada fungsi kognitif lain yang terganggu, misalnya proses perhatian, atau fakta. Mengatur strategi di depan tugas. Dan di dalam catur. Anda memiliki semua komponen ini," ujar Profesor Robert Philippe, Universitas Nice Sophia Antipolis.

Lebih dari 35 juta orang menderita penyakit Alzheimer, khususnya di negara-negara industri. Angka ini juga diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam 20 tahun mendatang.

"Jenis permainan serius ini adalah faktor pelindung untuk memiliki fungsi kognitif normal, bahkan pada orangtua. Jika Anda memiliki fungsi kognitif normal, berarti Anda melawan AD, penyakit Alzheimer,” ujar Robert Philippe.

Ini diakui Karpov. Pemain dari Rusia itu menganggap permainan catur seperti latihan mental.

"Jika Anda melatih dan menjaga otak untuk bekerja sepanjang waktu, berarti Anda mempertahankan kemampuan berpikir dan memori,” ujar Karpov.

Penelitian menunjukkan bahwa daya ingat akan mulai memudar di usia 20 tahun, tapi latihan mental diharapkan akan dapat membantu melawan hal tersebut.

Sebagaimana diketahui, Alzheimer adalah salah satu penyakit yang membuat daya kerja otak manusia menurun, yang sampai pada suatu tingkat tertentu akan membuat sesorang kehilangan kemampuan untuk berpikir dengan jernih untuk mengendalikan apa yang hendak diperbuatnya. Alzheimer biasa terjadi pada orang-orang lansia.

Alzheimer merupakan penyakit degeneratif yang ditandai dengan penurunan daya ingat, intelektual dan kepribadian.Penyakit ini sering terjadi pada usia lanjut dan jarang sekali pada usia muda ataupun pertengahan.

Bukan berarti semua orang yang sudah berusia lanjut akan menderita penyakit Alzheimer. Selain faktor usia, faktor lain yang menjadi penyebab Alzheimer adalah faktor keturunan. [ntd/cha/hidayatullah.com]


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Makan Sayur dan Buah untuk Hindari Kerusakan Otak

Mengonsumsi sayur dan buah-buahan memang baik untuk tubuh. Tapi bagi penderita phenylketonuria (PKU) mungkin hanya kedua jenis makanan tersebut yang boleh dikonsumsinya.

Penderita phenylketonuria (PKU) tidak mampu memproses asam amino penting yang banyak ditemukan dalam makanan kaya protein. PKU adalah gangguan metabolisme yang jika tidak diobati bisa menyebabkan kerusakan otak, keterbelakangan mental dan kejang. Akibatnya penderita PKU harus melakukan diet rendah protein seumur hidupnya

Untuk mendeteksi PKU biasanya dilakukan pemeriksaan segera setelah bayi dilahirkan. Namun jika diketahui di dalam keluarganya ada yang menderita PKU, maka dokter mungkin akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan sebelum bayinya lahir.

Contoh penderita PKU adalah Borsi Batki (7 tahun) yang saat ini sedang menjalani program diet, tapi ia melakukannya bukan untuk menurunkan berat badan. Borsi memiliki kelainan genetik langka yang membuatnya hanya bisa mengonsumsi sayur dan buah.

"Pengobatan harus dimulai sejak dini, idealnya dalam waktu dua minggu setelah kelahiran. Tanpa melakukan pengujian maka sulit mendiagnosis PKU, karena tanda-tanda awalnya sangat halus. Bayi akan terlihat mudah marah dan beberapa saat kemudian mengalami kejang," ujar Dr Inderneel Sahai, kepala dinas kesehatan dari New England Newborn Screening Program di Boston, seperti dikutip dari AOLHealth, Rabu (13/10/2010).

Jika PKU tidak terdeteksi dan diobati saat lahir, maka pada usia 6 bulan bayi akan mengalami kerusakan yang ireversibel. Karena itu penderita PKU harus memulai pola makan yang benar sejak dilahirkan hingga seumur hidupnya. Saat ini diperkirakan 1 dari 15.000 orang di seluruh dunia mengalami PKU.

Diet untuk penderita PKU adalah harus menghindari makanan tinggi protein seperti daging, telur, kacang-kacangan dan produk susu. Orang dengan PKU boleh mengonsumsi tepung rendah protein tapi harus memonitor dengan teliti jumlah asupannya.

Selain itu minuman atau makanan yang mengandung pemanis buatan aspartam juga harus dihindari, karena jika pemanis ini dicerna di dalam tubuh akan menghasilkan asam amino fenilalanin. Untuk itu suplemen yang mengandung asam amino lain diperlukan untuk membantu penderita PKU mendapatkan diet seimbang.

"Manajemen diet adalah mutlak, tapi harus tetap dimonitor dengan melakukan pemeriksaan kesehatan gizi melalui pengujian darah secara teratur," ujar Saha (ver/ir)




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Penyakit yang Paling Ditakuti Orang

Ada berbagai macam penyakit yang bisa menyerang setiap orang, baik yang ringan maupun berat. Tapi bagi orang Indonesia, kolesterol tinggi dan kehilangan daya penglihatan merupakan 2 ancaman penyakit yang paling ditakuti 5 tahun mendatang.

Hal ini berdasarkan hasil Survei Kesehatan dan Kesejahteraan Indonesia atau Philips Index for Health and Wellbeing 2010, yang dilakukan serentak di 30 negara di seluruh dunia. Selain Indonesia, survei ini juga dilakukan antara lain di Singapura, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Belgia dan Australia.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa kolesterol dan masalah kehilangan daya penglihatan atau buta ternyata dipandang sebagai ancaman utama kesehatan bagi masyarakat dalam lima tahun mendatang.

"Perubahan gaya hidup dapat menjadi salah satu faktor menurunnya daya penglihatan mata pada manusia. Ironisnya, banyak orang Indonesia yang tidak menyadari hal ini, sehingga penurunan kemampuan penglihatan menjadi ancaman terselubung bagi masyarakat Indonesia," jelas Dr Rini Mahendrastari Singgih, SpM, Paed.Opthal dari Mahendra Indonesia Eye Clinic, dalam acara Konferensi Pers Health & Wellbeing Index Indonesia, di Hotel Nikko, Jakarta, Selasa (14/12/2010).

Ancaman lain yang ditakuti setelah kolesterol tinggi dan kehilangan daya penglihatan adalah stroke, influenza, radang sendi, kanker dan serangan jantung.

Survei yang dilakukan terhadap 1.000 responden di seluruh kota di Indonesia ini juga menunjukkan bahwa 46 persen orang Indonesia merasa dirinya dalam keadaan sehat dan baik-baik saja, sehingga 75 persen responden menganggap tidak perlu ke dokter, bahkan 55 persen responden yang sakit mengaku tidak berobat ke dokter.

Hasil survei juga mengungkapkan bahwa 4 dari 10 orang Indonesia cenderung meminta pendapat teman dan keluarga terlebih dahulu sebelum mengunjungi dokter saat sakit.

Indonesia yang tergolong 'melek teknologi' dan memiliki pengguna internet yang cukup tinggi di dunia, namun faktanya penggunaan internet sebagai sumber rujukan informasi kesehatan masih tergoling rendah. Meski demikian, pasa responden sepakat bahwa teknologi bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi kehidupannya.

"Laporan Philips Index for Health and Wellbeing 2010 ini bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia, serta memahami persepsi dan perilaku masyarakat terkait dengan kesehatannya," jelas Teguh Purwanto, General Manager Philips Healthcare.

Meski Dr Prijo Sidipratomo selaku Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sempat mempertanyakan metodologi yang digunakan dalam survei tersebut, tapi hasil survei ini bisa diyakini validitasnya sebagai suatu gambaran persepsi pribadi mengenai kesehatan pada masyarakat Indonesia.

"Hasil ini bisa cukup mewakili persepsi subjektif masyarakat Indonesia, meski tidak 100 persen benar dan pasti ada beberapa penyimpangan. Tapi validasinya bisa cukup dipercaya," ujar dr Kartono Mohammad yang pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Hasil survei ini diharapkan dapat menjadi masukan yang kolektif bagi pemerintah, masyarakat dan organisasi kesehatan mengenai status terkini serta kebutuhan pasien dan penyedia layanan kesehatan masyarakat.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Borong Alamat Domain, Alamat Internet Akan Segera Habis Terpakai Januari 2011

Persediaan alamat internet diperkirakan bakal segera habis pada Januari 2011 mendatang.

Alamat internet selama ini didistribusikan oleh Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). ICANN membagi-bagi jatah alamat internet itu kepada lima organisasi regional di seluruh dunia.

"Pool alamat-alamat sentral akan habis terpakai pada Januari," ujar Ernesto Majo, Direktur Komunikasi Pendaftaran Alamat Internet untuk Amerika Latin dan Karibia, yang bermarkas di Montevideo.

Lebih lanjut, Majo menjelaskan bahwa pekan ini, empat blok alamat internet akan habis digunakan.

"Kita hanya tinggal memiliki lima blok, dan telah diputuskan bahwa itu akan didistribusikan kepada setiap pendaftaran internet regional," kata Majo, seperti dikutip dari situs Physorg.com.

Namun menurut Majo, hal ini tidak akan menjadi masalah yang serius. Pasalnya, protokol internet yang baru akan memungkinkan dikeluarkannya miliaran alamat internet baru.

Alamat internet pada protokol internet yang lama, Internet Protocol version 4 / IPv4, terdiri dari empat miliar alamat internet dan hampir mencapai titik batasnya. Sementara protokol yang baru, IPv6 memungkinkan miliaran alamat yang baru. (hs)


• VIVAnews

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Dasyatnya Keindahan Awan Sebelum Badai

Badai biasanya membawa ketakutan. Namun, ada sesuatu yang indah sebelum badai menerjang, yaitu awan yang terjadi sebelum badai. Badai terjadi ketika suhu udara panas dikelilingi oleh suhu udara yang dingin. Kombinasi yang ekstrim tersebut menciptakan angin dan menimbulkan pembentukan awan badai. Foto: AP Photo

Gulungan awan yang mengandung badai petir melewati daerah pekuburan di Kansas, AS, 20 Juni 2009. Foto: AP Photo/Charlie Riedel 




Badai petir terlihat di atas Stadion Bill Snyder Kansas, AS, saat berlangsung pertandingan "American Football". Pertandingan pun harus dihentikan akibat badai. Foto: AP Photo/Charlie Riedel 

Awan yang terbentuk sebelum terjadinya badai di Ohio, AS, 18 November 2010. Foto: AP Photo/Tony Dejak 


Rangkaian badai petir yang disertai angin kencang dan hujan deras menerjang Phoenix, AS, 5 Oktober 2010. Foto: AP Photo/Tom Stathis 

Awan hitam disertai gemuruh petir bergerak di atas Iowa, AS, 16 Mei 1999. Foto: AP Photo/Charlie Neibergall 

Kilatan petir menerangi angkasa di atas Kuil Parthenon, Yunani, 28 Juni 2010. Foto: AP Photo/Petros Giannakouris

http://foto.vivanews.com/read/2670-keindahan-awan-sebelum-badai

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Peneliti Temukan Planet Bertabur Berlian

Planet berjarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi itu mengorbit terlalu dekat ke mataharinya.

Joseph Harrington, astronom dan profesor dari University of Central Florida, Amerika Serikat, dan timnya menemukan bahwa terdapat lebih banyak karbon dibanding oksigen pada atmosfir planet WASP-12b. Planet itu berjarak 1.200 tahun cahaya dari Bumi.

Temuan ini mengindikasikan bahwa bebatuan yang ada di seluruh planet itu terdiri dari karbon murni, dalam bentuk berlian atau grafit. Meski belum bisa dipastikan, tetapi planet yang sangat kaya akan karbon itu kemungkinan juga memiliki inti berlian dalam jumlah besar.

“Secara umum, planet biasanya memiliki jumlah oksigen yang sangat banyak yang membuat bebatuan seperti kuarsa dan gas seperti karbon dioksida bisa tersedia dalam kuantitas besar,” kata Harrington.

Tetapi, kata Harrington, jika karbon lebih banyak dibanding oksigen, maka akan banyak batu-batuan yang terdiri dari karbon murni seperti berlian dan grafit. Selain itu akan ada banyak gas metana.

Tim peneliti melakukan analisa kimia berdasarkan teleskop ruang angkasa Spitzer milik NASA. Mereka membandingkan perilaku inframerah gas-gas yang ada untuk menentukan komposisi atmosfir planet yang bersangkutan.

Meski karbon merupakan salah satu elemen penting yang membentuk kehidupan, WASP-12b tampaknya tidak dapat dihuni oleh makhluk hidup.

“Jaraknya terlalu dekat dengan mataharinya, dan setahun planet itu hanya berlangsung selama 26 jam saja,” kata Harrington. “Temperatur di siang hari pada planet yang diperkirakan bertaburan berlian itu juga sangat panas, mencapai sekitar 2.600 derajat Celcius. Planet itu juga rusak akibat besarnya gaya gravitasi dari mataharinya itu,” ucap Harrington.

Sebagai informasi, WASP-12b pertamakali ditemukan oleh konsorsium Wide Angle Search for Planets asal Inggris pada tahun 2009 lalu.

Baca juga: Wanita Tergemuk di Dunia 317 Kg
• VIVAnews

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Muhasabah Untukmu dan Untukku

Ya Allah. Duhai yang Maha Menatap. Inilah kami hamba-Mu ya Allaah yang Engkau ciptakan, yang Engkau urus setiap saat. Ya Rabb. Allah Yang Maha Agung, Maha Mendengar, dan Maha Memperhatikan kami. Engkau tahu apapun yang kami lakukan. Tidak satupun lirikan mata yang luput dari pengetahuan-Mu. Tak ada satu patah katapun yang terucap, tidak didengar oleh Allah yang Maha Mendengar.

Duhai Allah, ampuni sebusuk apapun diri kami ya Allah. Ampuni sekelam apapun masa lalu yang pernah kami jalani ya Allah. Hapuskan sekotor apapun aib-aib kami ya Allah. Ampuni kami, ya Allah. Ampuni seluruh dosa kami ya Allah. Ampuni segala kemusyrikan yang pernah kami perbuat. Ampuni, karena selama ini kami banyak melupakan-Mu, ya Allah.

Ampuni kami andai kami sering tidak ridha dengan ketentuan-Mu. Sering kecewa dengan takdir-Mu. Ampuni kalau kami kurang bersabar terhadap ujian-Mu, ya Allah. Ampuni maksiat yang pernah kami perbuat, ya Allah. Ampuni segala kezhaliman kami kepada ibu bapak kami ya Allah.

Ya Allah, buatlah orang tua kami ridha dan mau memaafkan kami. Jadikan hatinya menjadi hati yang terhibur oleh akhlak kami, ya Allah. Ya Allah, selamatkan ibu bapak kami. Jadikan setiap tetes keringatnya, airmatanya, darahnya, menjadi jalan kemuliaan dunia dan akhirat. Sayangi ibu bapak kami ya Allah. Golongkan kami menjadi anak yang tahu balas budi. Lapangkanlah kuburnya ya Allah, ringankan hisabnya.

Sahabat, dimanakah gerangan keluarga kita berkumpul diakhirat nanti. Ingatlah ayah,ibu,adik,abang dan kakak, apakah kita akan berkumpul disurga? Berjumpa dengan Rasulullah? Atau cerai berai dalam neraka? Ya Allah utuhkan keluarga kami ini mulia di dunia dan mulia di akhirat.

Wahai muslimah, tidakkah rindu menjadi bidadari disurga? Hidup didunia hanya mampir sebentar saja. Wahai muslimah, peliharalah diri sekuat tenaga jangan sampai menjadi manusia nista. Tutuplah aurat dengan penutup yang disukai Allah.jangan biarkan laki-laki tergelincir, jangan biarkan suami wanita lain terpuruk karena godaan kita.

Wahai muslimah, persiapkan diri menjadi wanita yang shaleha. Jadilah istri yang mulia, persiapkan diri menjadi ibu yang akan melahirkan mujahidin dan mujahidah kesayangan Allah.

Hidup hanya sekali dan sebentar, pilihan kita adalah berjuang dan pulang kepada Allah. Jangan silau kepada dunia ini, dunia hanya tempat singgah saja. Jangan pernah takut kepada siapapun, karena siapapun dalam genggaman Allah semata, tidak ada satupun makhluk kecuali seluruhnya sempurna dalam kekuasaan Allah.

Ya Allah, pilihlah kami menjadi mujahidin dan mujahidah kesayangan-Mu. Simpanlah kami dibarisan terdepan untuk membela Agama-Mu dan memuliakan umat-Mu, ya arhamarraahimiin.

oleh MARISA LISTUTI


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

BlogRoll

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pengantar Akhlak

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata akhlak diartikan sebagai budi pekerti atau kelakuan. Kata akhlak walaupun terambil dari bahasa Arab (yang biasa berartikan tabiat, perangai kebiasaan, bahkan agama), namun kata seperti itu tidak ditemukan dalam Al-Quran. Yang ditemukan hanyalah bentuk tunggal kata tersebut yaitu khuluq yang tercantum dalam Al-Quran surat Al-Qalam ayat 4. Ayat tersebut dinilai sebagai konsiderans pengangkatan Nabi Muhammad saw sebagai Rasul,

Sesungguhnya engkau (Muhammad) berada di atas budi pekerti yang agung (QS Al-Qalam [68]: 4).

Kata akhlak banyak ditemukan di dalam hadis-hadis Nabi saw, dan salah satunya yang paling populer adalah : "Aku hanya diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia."

Bertitik tolak dari pengertian bahasa di atas, yakni akhlak sebagai kelakuan, kita selanjutnya dapat berkata bahwa akhlak atau kelakuan manusia sangat beragam, dan bahwa firman Allah berikut ini dapat menjadi salah satu argumen keaneka-ragaman tersebut.

Sesungguhnya usaha kamu (hai manusia) pasti amat beragam (QS Al-Lail [92]: 4).

Keanekaragaman tersebut dapat ditinjau dari berbagai sudut, antara lain nilai kelakuan yang berkaitan dengan baik dan buruk, serta dari objeknya, yakni kepada siapa kelakuan itu ditujukan.

BAIK DAN BURUK
Para filosof dan teolog sering membahas tentang arti baik dan buruk, serta tentang pencipta kelakuan tersebut, yakni apakah kelakuan itu merupakan hasil pilihan atau perbuatan manusia sendiri, ataukah berada di luar kemampuannya?

Tulisan ini tidak akan mengarungi samudera pemikiran yang dalam lagi sering menenggelamkan itu, namun kita dapat berkata bahwa secara nyata terlihat dan sekaligus kita akui bahwa terdapat manusia yang berkelakuan baik, dan juga sebaliknya. Ini berarti bahwa manusia memiliki kedua potensi tersebut. Terdapat sekian banyak ayat Al-Quran yang dipahami menguraikan hal hakikat ini, antara lain:

Maka Kami telah memberi petunjuk (kepada)-nya (manusia) dua jalan mendaki (baik dan buruk) (QS Al-Balad [90]: ayat 10).
...dan (demi) jiwa serta penyempurnaaaan ciptaannya, maka Allah mengilhami (jiwa manusia) kedurhakaan dan ketakwaan (QS Asy-Syams [91]: ayat 7-8).

Walaupun kedua potensi ini terdapat dalam diri manusia, namun ditemukan isyarat-isyarat dalam Al-Quran bahwa kebajikan lebih dahulu menghiasi diri manusia daripada kejahatan, dan bahwa manusia pada dasarnya cenderung kepada kebajikan.

Al-Quran surat Thaha (20): 121 menguraikan bahwa Iblis menggoda Adam sehingga, ... durhakalah Adam kepada Tuhannya dan sesatlah ia.
Redaksi ini menunjukkan bahwa sebelum digoda oleh Iblis, Adam tidak durhaka, dalam arti, tidak melakukan sesuatu yang buruk, dan bahwa akibat godaan itu, ia menjadi tersesat. Walaupun kemudian Adam bertobat kepada Tuhan, sehingga ia kembali lagi pada kesuciannya.

Kecenderungan manusia kepada kebaikan terbukti dari persamaan konsep-konsep pokok moral pada setiap peradaban dan zaman. Perbedaan --jika terjadi-- terletak pada bentuk, penerapan, atau pengertian yang tidak sempurna terhadap konsep-konsep moral, yang disebut ma'ruf dalam bahasa Al-Quran. Tidak ada peradaban yang menganggap baik kebohongan, penipuan, atau keangkuhan. Pun tidak ada manusia yang menilai bahwa penghormatan kepada kedua orang-tua adalah buruk. Tetapi, bagaimana seharusnya bentuk penghormatan itu? Boleh jadi cara penghormatan kepada keduanya berbeda-beda antara satu masyarakat pada generasi tertentu dengan masyarakat pada generasi yang lain. Perbedaan-perbedaan itu selama dinilai baik oleh masyarakat dan masih dalam kerangka prinsip umum, maka ia tetap dinilai baik (ma'ruf).

Kembali kepada persoalan kecenderungan manusia terhadap kebaikan, atau pandangan tentang kesucian manusia sejak lahir, hadis-hadis Nabi saw pun antara lain menginformasikannya: "Setiap anak dilahirkan dalam keadaan suci (fithrah), hanya saja kedua orang-tuanya (lingkungannya) yang menjadikan dia Yahudi, Nasrani, atau Majusi." (HR Bukhari).

Seorang sahabat Nabi saw bernama Wabishah bin Ma'bad berkunjung kepada Nabi saw, lalu beliau menyapanya dengan bersabda: "Engkau datang menanyakan kebaikan?" "Benar, wahai Rasul," jawab Wabishah. "Tanyailah hatimu! "Kebajikan adalah sesuatu yang tenang terhadap jiwa, dan yang tenteram terhadap hati, sedangkan dosa adalah yang mengacaukan hati dan membimbangkan dada, walaupun setelah orang memberimu fatwa." (HR Ahmad dan Ad-Darimi).

Dengan demikian menjadi amat wajar jika ditemukan ayat-ayat Al-Quran yang mengisyaratkan bahwa manusia pada hakikatnya --setidaknya pada awal masa perkembangan-- tidak akan sulit melakukan kebajikan, berbeda halnya dengan melakukan keburukan.

Salah satu frase dalam surat Al-Baqarah ayat 286 menyatakan, untuk manusia ganjaran bagi perbuatan baik yang dilakukannya dan sanksi bagi perbuatan (buruk) yang dilakukannya.
Oleh beberapa ulama, frase ini kerap dijadikan sebagai bukti apa yang disebut di atas. Dalam terjemahan di atas terlihat bahwa kalimat "yang dilakukan" terulang dua kali: yang pertama adalah terjemahan dari kata kasabat dan kedua terjemahan dan kata iktasabat.

Syaikh Muhammad Abduh dalam tafsir Al-Manar menyatakan kata iktasabat, dan semua kata yang berpatron demikian, memberi arti adanya semacam upaya sungguh-sungguh dari pelakunya, berbeda dengan kasabat yang berarti dilakukan dengan mudah tanpa pemaksaan. Dalam ayat di atas, perbuatan-perbuatan manusia yang buruk dinyatakan dengan iktasabat, sedangkan perbuatan yang baik dengan kasabat. Ini menandakan bahwa fitrah manusia pada dasarnya cenderung kepada kebaikan, sehingga dapat melakukan kebaikan dengan mudah. Berbeda halnya dengan keburukan yang harus dilakukannya dengan susah payah dan keterpaksaan (ini tentu pada saat fitrah manusia masih berada dalam kesuciannya).

Potensi yang dimiliki manusia untuk melakukan kebaikan dan keburukan, serta kecenderungannya yang mendasar kepada kebaikan, seharusnya mengantarkan manusia memperkenankan perintah Allah (agama-Nya) yang dinyatakan-Nya sesuai dengan fithrah (asal kejadian manusia). Dalam Al-Quran surat Ar-Rum (30): 30 dinyatakan,

Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah). Itulah fithrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fithrah itu. ( Ar-Rum (30): 30)

Di sisi lain, karena kebajikan merupakan pilihan dasar manusia, kelak di hari kemudian pada saat pertanggungjawaban, sang manusia dihadapkan kepada dirinya sendiri:

Bacalah kitab amalmu (catatan perbuatanmu); cukuplah engkau sendiri yang melakukan perhitungan atas dirimu (QS Al-Isra' [17]: 14).

PERTANGGUNGJAWABAN
Atas dasar uraian di atas, Al-Quran membebaskan manusia untuk memilih kedua jalan yang tadi disebutkan, tetapi ia sendiri yang harus mempertanggung-jawabkan pilihannya. Manusia tidak membebani orang lain untuk memikul dosanya, tidak juga dosa orang lain dipikulkan ke atas pundaknya. Tetapi dalam Al-Quran surat Al-An'am ayat 164 dinyatakan bahwa tanggung jawab tersebut baru dituntut apabila memenuhi syaratsyarat tertentu, seperti pengetahuan, kemampuan, serta kesadaran.

Dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan Kami tidak akan menyiksa sebelum Kami mengutus seorang rasul... (QS Al-Isra' [17]: 15).

Allah tidak membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya... (QS Al-Baqarah [2]: 286)

Dari gabungan kedua ayat ini, kita dapat memetik dua kaidah yang berkaitan dengan tanggung jawab, yaitu:
1. Manusia tidak diminta untuk mempertanggungjawabkan apa yang tidak diketahui atau tidak mampu dilakukannya.
2. Manusia tidak dituntut mempertanggungiawabkan apa yang tidak dilakukannya, sekalipun hal tersebut diketahuinya.

Di sisi lain, ditemukan ayat-ayat yang menegaskan bahwa pertanggungjawaban tersebut berkaitan dengan perbuatan yang disengaja, bukan gerak refleks yang tidak melibatkan kehendak. Al-Quran secara tegas menyatakan:

Allah tidak akan meminta pertanggungjawabanmu atas sumpah-sumpah yang tidak kamu sengaja, tetapi Dia akan meminta pertanggungjawabanmu terhadap apa yang disengaja oleh hatimu... (QS Al-Baqarah [2]: 225).

...tetapi jika seseorang terpaksa, sedangkan ia tidak menginginkannya, dan tidak pula melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya... (QS Al-Baqarah [2]: 173).

Dapat juga disimpulkan, bahwa karena manusia diberi kemampuan untuk memilih, maka pertanggungjawaban berkaitan dengan niat dan kehendaknya. Atas dasar ini pula, maka niat dan kehendak seseorang mempunyai peran yang sangat besar dalam nilai amal sekaligus dalam pertanggungjawabannya.

Barangsiapa yang kafir kepada Allah sesudah ia beriman, dia mendapatkan kemurkaan Allah, kecuali orang-orang yang dipaksa kafir sedang hatinya tetap tenang dalam keimanan... (QS An-Nahl [16]: 106).

Al-Quran surat Al-Isra ayat 23-24 memerintahkan kepada seorang anak agar menghormati kedua orang-tuanya, khususnya kalau usia mereka sudah tua (karena ketika telah uzur boleh jadi mereka melakukan hal-hal yang menjengkelkan). Anak dilarang berkata uh, dan harus memilih kata-kata yang baik, sambil merendahkan diri kepada keduanya. Ayat ini disusul dengan firman-Nya:

Tuhanmu lebih mengetahui yang ada dalam hatimu. Jika seandainya kamu orang baik-baik (Allah akan memaaafkan sikap dan kelakuan yang telah kamu lakukan dengan terpaksa, tidak sadar, atau yang berada di luar kontrol kemampuanmu), karena Allah Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertobat (QS Al-Isra' [17]: 25).

TOLOK UKUR KELAKUAN BAIK
Tolok ukur kelakuan baik dan buruk mestilah merujuk kepada ketentuan Allah. Demikian rumus yang diberikan oleh kebanyakan ulama. Perlu ditambahkan, bahwa apa yang dinilai baik oleh Allah, pasti baik dalam esensinya. Demikian pula sebaliknya, tidak mungkin Dia menilai kebohongan sebagai kelakuan baik, karena kebohongan esensinya buruk.
Di sisi lain, Allah selalu memperagakan kebaikan, bahkan Dia memiliki segala sifat yang terpuji. Al-Quran suci surat Thaha (20): 8 menegaskan:

(Dialah) Allah tiada Tuhan selain Dia, Dia mempunyai Sifat-sifat yang terpuji (Al-Asma' Al-Husna) (QS Thaha [20]: 8).

Rasulullah saw juga memerintahkan umatnya agar berusaha sekuat kemampuan dan kapasitasnya sebagai makhluk untuk meneladani Allah dalam semua sifat-sifat-Nya: "Berakhlaklah dengan akhlak Allah".
Ketika Aisyah ditanya mengenai akhlak Rasulullah saw, beliau menjawab : "Budi pekerti Nabi saw adalah Al-Quran" (Diriwayatkan oleh Imam Ahmad).

Semua sifat Allah tertuang dalam Al-Quran. Jumlahnya bahkan melebihi 99 sifat yang populer disebutkan dalam hadis.
Sifat-sifat Allah itu merupakan satu kesatuan. Bukankah Dia Esa di dalam zat, sifat, dan perbuatan-Nya? Karenanya tidak wajar jika sifat-sifat itu dinilai saling bertentangan. Artinya, semua sifat memiliki tempatnya masing-masing. ada tempat untuk keperkasaan dan keangkuhan Allah, juga tempat kasih sayang dan kelemah-lembutan-Nya. Ketika seorang Muslim meneladani sifat Al-Kibriya' (Keangkuhan Allah), ia harus ingat bahwa sifat itu tidak akan disandang oleh Tuhan kecuali dalam konteks ancaman terhadap para pembangkang, terhadap orang yang merasa dirinya superior. Ketika Rasul Saw melihat seseorang yang berjalan dengan angkuh di medan perang, beliau bersabda : "Itu adalah cara berjalan yang dibenci Allah, kecuali dalam kondisi semacam ini."

Seseorang yang berusaha meneladani sifat Al-Kibriya' tidak akan meneladaninya kecuali terhadap manusia-manusia yang angkuh. Dalam konteks ini ditemukan riwayat yang menyatakan : "Bersikap angkuh terhadap orang yang angkuh adalah sedekah".

Ketika seorang Muslim berusaha meneladani kekuatan dan kebesaran Ilahi, harus diingat bahwa sebagai makhluk ia terdiri dan jasad dan ruh, sehingga keduanya harus sama-sama kuat. Kekuatan dan kebesaran itu mesti diarahkan untuk membantu yang kecil dan lemah, bukan digunakan untuk menopang yang salah maupun yang sewenang-wenang. Karena ketika Al-Quran mengulang-ulang kebesaran Allah, Al-Quran juga menegaskan bahwa:

Sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang yang, angkuh lagi membanggakan diri (QS Luqman [31]: 18).

Jika seorang Muslim meneladani Allah Yang Mahakaya, ia harus menyadari bahwa istilah yang digunakan Al-Quran untuk menunjukkan sifat itu adalah Al-Ghani. Ini yang maknanya adalah tidak membutuhkan --dan bukan kaya materi-- sehingga esensi sifat itu (kekayaan) adalah kemampuan berdiri sendiri atau tidak menghajatkan pihak lain, sehingga tidak perlu membuang air muka untuk meminta-minta.

Orang-orang yang tidak tahu, menduga mereka kaya, karena mereka memelihara diri dari meminta-minta (QS Al-Baqarah [2]: 273).

Tetapi dalam kedudukan manusia sebagai makhluk, ia sadar bahwa dirinya amat membutuhkan Allah:

Wahai seluruh manusia, kamu sekalian adalah orang-orang faqir (butuh) kepada Allah (QS Fathir [35]: 15).

Demikian seterusnya dengan sifat-sifat Allah yang lain, yang harus diteladaninya, seperti Maha Mengetahui, Maha Pemaaf, Maha Bijaksana, Maha Agung, Maha Pengasih, dan lain-lain.
Adalah merupakan keistimewaan bagi seseorang atau masyarakat jika menjadikan sifat-sifat Allah sebagai tolok ukur, dan tidak menjadikan kelezatan atau manfaat sesaat sebagai tolok ukur kebaikan. Karena kelezatan dan manfaat dapat berbeda-beda antara seseorang dengan yang lain, bahkan seseorang yang berada dalam kondisi dan situasi tertentu juga bisa berbeda, dengan kondisi lainnya. Boleh jadi suatu masyarakat yang terjangkiti penyakit akan menilai keburukan sebagai kebaikan.

SASARAN AKHLAK
Akhlak dalam ajaran agama tidak dapat disamakan dengan etika, jika etika dibatasi pada sopan santun antar sesama manusia, serta hanya berkaitan dengan tingkah laku lahiriah.

Akhlak lebih luas maknanya daripada yang telah dikemukakan terdahulu serta mencakup pula beberapa hal yang tidak merupakan sifat lahiriah. Misalnya yang berkaitan dengan sikap batin maupun pikiran. Akhlak diniah (agama) mencakup berbagai aspek, dimulai dari akhlak terhadap Allah, hingga kepada sesama makhluk (manusia, binatang, tumbuh-tumbuhan, dan benda-benda tak bernyawa).

Berikut upaya pemaparan sekilas beberapa sasaran akhlak Islamiyah.

a. Akhlak terhadap Allah
Akhlak terhadap Allah adalah pengakuan dan kesadaran bahwa tiada ilah (Tuhan, yang didahulukan) melainkan Allah. Dia memiliki sifat-sifat terpuji; demikian agung sifat itu, yang jangankan manusia, malaikat pun tidak akan mampu menjangkau hakikat-Nya.

Mahasuci engkau --Wahai Allah-- kami tidak mampu memuji-Mu; Pujian atas-Mu, adalah yang Engkau pujikan kepada diri-Mu, demikian ucapan para malaikat.
Itulah sebabnya mengapa Al-Quran mengajarkan kepada manusia untuk memuji-Nya, Wa qul al-hamdulillah (Katakanlah "al-hamdulillah"). Dalam Al-Quran surat An-Naml (27): 93, secara tegas dinyatakan-Nya bahwa,

Dan katakanlah, "Segala puji bagi Allah, Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesaran-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. Dan Tuhanmu tiada lalai dari apa yang kamu kerjakan." (QS.An-Naml (27): 93)
Mahasuci Allah dan segala sifat yang mereka sifatkan kepada-Nya, kecuali (dari) hamba-hamba Allah yang terpilih (QS Ash-Shaffat [37]: 159-160).

Teramati bahwa semua makhluk selalu menyertakan pujian mereka kepada Allah dengan menyucikan-Nya dari segala kekurangan.

Dan para malaikat menyucikan sambil memuji Tuhan mereka (QS Asy-Syura [42]: 5).

Guntur menyucikan (Tuhan) sambil memuji-Nya (QS Ar-Ra'd [13]: 13).

Dan tidak ada sesuatu pun kecuali bertasbih (menyucikan Allah) sambil memuji-Nya (QS Al-Isra' [17]: 44).

Semua itu menunjukkan bahwa makhluk tidak dapat mengetahui dengan baik dan benar betapa kesempurnaan dan keterpujian Allah SWT Itu sebabnya mereka --sebelum memuji-Nya-- bertasbih terlebih dahulu dalam arti menyucikan-Nya. Jangan sampai pujian yang mereka ucapkan tidak sesuai dengan kebesaran-Nya. Bertitik tolak dari uraian mengenai kesempurnaan Allah, tidak heran kalau Al-Quran memerintahkan manusia untuk berserah diri kepada-Nya, karena segala yang bersumber dari-Nya adalah baik, benar, indah, dan sempurna.

(Dialah) Tuhan masyrik dan maghrib, tiada Tuhan melainkan Dia, maka jadikanlah Allah sebagai wakil (pelindung). (QS. Al-Muzzammil (73): 9)
Allah mengetahui dan kamu sekalian tidak mengetahui (QS Al-Baqarah: 216).
Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, itu dan (kesalahan) dirimu sendiri (QS An-Nisa' [4]: 79).
Jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahi nikmat, bukan jalan orang yang dimurkai, dan bukan (jalan) mereka yang sesat (QS Al-Fatihah [1]: 7).

Di sini, petunjuk jalan menuju kebaikan dinyatakan bersumber dari Allah yang memberi nikmat.

b. Akhlak terhadap sesama manusia
Banyak sekali rincian yang dikemukakan Al-Quran berkaitan dengan perlakuan terhadap sesama manusia.

Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang disertai dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima) (QS Al-Baqarah [2]: 263).

Di sisi lain Al-Quran menekankan bahwa setiap orang hendaknya didudukkan secara wajar. Nabi Muhammad saw --misalnya-- dinyatakan sebagai manusia seperti manusia yang lain.
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum kamu meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya (QS An-Nur [24]: 27).
Salam yang diucapkan itu wajib dijawab dengan salam yang serupa, bahkan juga dianjurkan agar dijawab dengan salam yang lebih baik (QS An-Nisa' [4]: 86).
Ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia (QS Al-Baqarah [2]: 83).

Bahkan lebih tepat jika kita berbicara sesuai dengan keadaan dan kedudukan mitra bicara, serta harus berisi perkataan yang benar,

Dan katakanlah perkataan yang benar (QS Al-Ahzab [33]: 70).

Tidak wajar seseorang mengucilkan seseorang atau kelompok lain, tidak wajar pula berprasangka buruk tanpa alasan, atau menceritakan keburukan seseorang, dan menyapa atau memanggilnya dengan sebutan buruk (baca Al-Hujurat [49]: 11-12).

Yang melakukan kesalahan hendaknya dimaafkan. Pemaafan ini hendaknya disertai dengan kesadaran bahwa yang memaafkan berpotensi pula melakukan kesalahan. Karena itu, ketika Misthah --seorang yang selalu dibantu oleh Abu Bakar r.a.-- menyebarkan berita palsu tentang Aisyah, putrinya, Abu Bakar dan banyak orang lain bersumpah untuk tidak lagi membantu Misthah. Tetapi Al-Quran turun menyatakan:

Janganlah orang-orang yang mempunyai kelebihan dan kelapangan di antara kamu bersumpah bahwa mereka tidak akan memberi bantuan kepada kaum kerabat(-nya), orang-orang miskin dan orang-orang yang berhijrah dijalan Allah, dan hendaklah mereka memaafkan, serta berlapang dada. Apakah kamu tidak ingin Allah mengampuni kamu? Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS An-Nur [24]: 22).

Sebagian dari ciri orang bertakwa dijelaskan dalam Quran surat Ali Imran (3): 134, yaitu: Maksudnya mereka mampu menahan amarahnya, dan memaafkan, (bahkan) berbuat baik (terhadap mereka yang pernah melakukan kesalahan terhadapnya), sesungguhnya Allah senang terhadap orang yang berbuat baik. Dalam Al-Quran ditemukan anjuran, "Anda hendaknya mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan Anda sendiri."

Mereka mengutamakan orang lain daripada diri mereka sendiri, walaupun mereka amat membutuhkan (QS Al-Hasyr [59]: 9).

Jika ada orang yang digelari gentleman --yakni yang memiliki harga diri, berucap benar, dan bersikap lemah lembut {terutama kepada wanita)-- seorang Muslim yang mengikuti petunjuk-petunjuk akhlak Al-Quran tidak hanya pantas bergelar demikian, melainkan lebih dari itu, dan orang demikian dalam bahasa Al-Quran disebut al-muhsin.

c. Akhlak terhadap lingkungan
Yang dimaksud lingkungan di sini adalah segala sesuatu yang berada di sekitar manusia, baik binatang, tumbuh-tumbuhan, maupun benda-benda tak bernyawa.
Pada dasarnya, akhlak yang diajarkan Al-Quran terhadap lingkungan bersumber dari fungsi manusia sebagai khalifah.

Kekhalifahan menuntut adanya interaksi antara manusia dengan sesamanya dan manusia terhadap alam. Kekhalifahan mengandung arti pengayoman, pemeliharaan, serta pembimbingan, agar setiap makhluk mencapai tujuan penciptaannya.
Dalam pandangan akhlak Islam, seseorang tidak dibenarkan mengambil buah sebelum matang, atau memetik bunga sebelum mekar, karena hal ini berarti tidak memberi kesempatan kepada makhluk untuk mencapai tujuan penciptaannya.

Ini berarti manusia dituntut untuk mampu menghormati proses-proses yang sedang berjalan, dan terhadap semua proses yang sedang terjadi. Yang demikian mengantarkan manusia bertanggung jawab, sehingga ia tidak melakukan perusakan, bahkan dengan kata lain, "Setiap perusakan terhadap lingkungan harus dinilai sebagai perusakan pada diri manusia sendiri."
Binatang, tumbuhan, dan benda-benda tak bernyawa semuanya diciptakan oleh Allah SWT dan menjadi milik-Nya, serta semua memiliki ketergantungan kepada-Nya. Keyakinan ini mengantarkan sang Muslim untuk menyadari bahwa semuanya adalah "umat" Tuhan yang harus diperlakukan secara wajar dan baik.

Karena itu dalam Al-Quran surat Al-An'am (6): 38 ditegaskan bahwa binatang melata dan burung-burung pun adalah umat seperti manusia juga, sehingga semuanya --seperti ditulis Al-Qurthubi (W. 671 H) di dalam tafsirnya-- "Tidak boleh diperlakukan secara aniaya."

Jangankan dalam masa damai, dalam saat peperangan pun terdapat petunjuk Al-Quran yang melarang melakukan penganiayaan. Jangankan terhadap manusia dan binatang, bahkan mencabut atau menebang pepohonan pun terlarang, kecuali kalau terpaksa, tetapi itu pun harus seizin Allah, dalam arti harus sejalan dengan tujuan-tujuan penciptaan dan demi kemaslahatan terbesar.

Apa saja yang kamu tebang dari pohon (kurma) atau kamu biarkan tumbuh, berdiri di atas pokoknya, maka itu semua adalah atas izin Allah ... (QS Al-Hasyr [59]: 5).

Bahwa semuanya adalah milik Allah, mengantarkan manusia kepada kesadaran bahwa apa pun yang berada di dalam genggaman tangannya, tidak lain kecuali amanat yang harus dipertanggungjawabkan. "Setiap jengkal tanah yang terhampar di bumi, setiap angin sepoi yang berhembus di udara, dan setiap tetes hujan yang tercurah dari langit akan dimintakan pertanggungjawaban manusia menyangkut pemeliharaan dan pemanfatannya", demikian kandungan penjelasan Nabi saw tentang firman-Nya dalam Al-Quran surat At-Takatsur (102): 8 yang berbunyi, "Kamu sekalian pasti akan diminta untuk mempertanggungjawabkan nikmat (yang kamu peroleh)." Dengan demikian bukan saja dituntut agar tidak alpa dan angkuh terhadap sumber daya yang dimilikinya, melainkan juga dituntut untuk memperhatikan apa yang sebenarnya dikehendaki oleh Pemilik (Tuhan) menyangkut apa yang berada di sekitar manusia.

Kami tidak menciptakan langit dan bumi serta yang berada di antara keduanya, kecuali dengan (tujuan) yang hak dan pada waktu yang ditentukan (QS Al-Ahqaf [46]: 3).

Pernyataan Tuhan ini mengundang seluruh manusia untuk tidak hanya memikirkan kepentingan diri sendiri, kelompok, atau bangsa, dan jenisnya saja, melainkan juga harus berpikir dan bersikap demi kemaslahatan semua pihak. Ia tidak boleh bersikap sebagai penakluk alam atau berlaku sewenang-wenang terhadapnya. Memang, istilah penaklukan alam tidak dikenal dalam ajaran Islam. Istilah itu muncul dari pandangan mitos Yunani.

Yang menundukkan alam menurut Al-Quran adalah Allah. Manusia tidak sedikit pun mempunyai kemampuan kecuali berkat kemampuan yang dianugerahkan Tuhan kepadanya.

Mahasuci Allah yang menjadikan (binatang) ini mudah bagi kami, sedangkan kami sendiri tidak mempunyai kemampuan untuk itu (QS Az-Zukhruf [43]: 13)

Jika demikian, manusia tidak mencari kemenangan, tetapi keselarasan dengan alam. Keduanya tunduk kepada Allah, sehingga mereka harus dapat bersahabat.
Al-Quran menekankan agar umat Islam meneladani Nabi Muhammad saw yang membawa rahmat untuk seluruh alam (segala sesuatu). Untuk menyebarkan rahmat itu, Nabi Muhammad saw bahkan memberi nama semua yang menjadi milik pribadinya, sekalipun benda-benda itu tak bernyawa. "Nama" memberikan kesan adanya kepribadian, sedangkan kesan itu mengantarkan kepada kesadaran untuk bersahabat dengan pemilik nama.

Nabi Muhammad saw telah mengajarkan : "Bertakwalah kepada Allah dalam perlakuanmu terhadap binatang, kendarailah, dan beri makanlah dengan baik."
Di samping prinsip kekhalifahan yang disebutkan di atas, masih ada lagi prinsip taskhir, yang berarti penundukan. Namun dapat juga berarti "perendahan". Firman Allah yang menggunakan akar kata itu dalam Al-Quran surat Al-Hujurat ayat 11 adalah

Janganlah ada satu kaum yang merendahkan kaum yang lain. (QS. Al-Hujurat ayat 11)
Dan Dia (Allah) menundukkan untuk kamu; semua yang ada di langit dan di bumi semuanya (sebagai rahmat) dari-Nya (QS Al-Jatsiyah [45]: 13).

Ini berarti bahwa alam raya telah ditundukkan Allah untuk manusia. Manusia dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya. Namun pada saat yang sama, manusia tidak boleh tunduk dan merendahkan diri kepada segala sesuatu yang telah direndahkan Allah untuknya, berapa pun harga benda-benda itu. Ia tidak boleh diperbudak oleh benda-benda itu. Manusia dalam hal ini dituntut untuk selalu mengingat-ingat, bahwa ia boleh meraih apa pun asalkan yang diraihnya serta cara meraihnya diridhoi Allah SWT, sesuai dengan kaidah kebenaran dan keadilan.

Akhirnya kita dapat mengakhiri uraian ini dengan menyatakan bahwa keberagamaan seseorang diukur dari akhlaknya. Nabi bersabda : "Agama adalah hubungan interaksi yang baik."

Beliau juga bersabda: "Tidak ada sesuatu yang lebih berat dalam timbangan (amal) seorang mukmin pada hari kiamat, melebihi akhlak yang luhur. (Diriwayatkan oleh At-Tirmidzi).


Referensi

* Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA., Wawasan Al-Quran, Tafsir Maudhu'i atas Pelbagai Persoalan Umat, Penerbit Mizan, Bandung, 1997.
* Dr. Syauqi Abu Khalil, Atlas Al-Quran, Membuktikan Kebenaran Fakta Sejarah yang Disampaikan Al-Qur'an secara Akurat disertai Peta dan Foto, Dar al-Fikr Damaskus, Almahira Jakarta, 2008.
* Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, Dr. Ahmad Qodri Abdillah Azizy, MA, Dr. A. Chaeruddin, SH., etc. Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Penerbit PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, 2008, Editor : Prof. Dr. Taufik Abdullah, Prof. Dr. M. Quraish Shihab, Prof. Dr. H. Ahmad Sukardja, MA.
* Sami bin Abdullah bin Ahmad al-Maghluts, Atlas Sejarah Para Nabi dan Rasul, Mendalami Nilai-nilai Kehidupan yang Dijalani Para Utusan Allah, Obeikan Riyadh, Almahira Jakarta, 2008.
* Tim DISBINTALAD (Drs. A. Nazri Adlany, Drs. Hanafi Tamam, Drs. A. Faruq Nasution), Al-Quran Terjemah Indonesia, Penerbit PT. Sari Agung, Jakarta, 2004
* Departemen Agama RI, Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsir Al-Quran, Syaamil Al-Quran Terjemah Per-Kata, Syaamil International, 2007.
* alquran.bahagia.us, keislaman.com, dunia-islam.com, Al-Quran web, PT. Gilland Ganesha, 2008.
* Muhammad Fu'ad Abdul Baqi, Mutiara Hadist Shahih Bukhari Muslim, PT. Bina Ilmu, 1979.
* Al-Hafizh Zaki Al-Din 'Abd Al-'Azhum Al Mundziri, Ringkasan Shahih Muslim, Al-Maktab Al-Islami, Beirut, dan PT. Mizan Pustaka, Bandung, 2008.
* M. Nashiruddin Al-Albani, Ringkasan Shahih Bukhari, Maktabah al-Ma'arif, Riyadh, dan Gema Insani, Jakarta, 2008.
* Al-Bayan, Shahih Bukhari Muslim, Jabal, Bandung, 2008.
* Muhammad Nasib Ar-Rifa'i, Kemudahan dari Allah, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Maktabah al-Ma'arif, Riyadh, dan Gema Insani, Jakarta, 1999.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Sejarah Perkembangan dan Dinamika Islam di INDONESIA ( mulai th 674 M - 20M )

Masuknya Agama Islam ke Nusantara (Indonesia) membawa pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan sosial, politik, ekonomi dan budaya masyarakat di wilayah tersebut. Secara kronologis, berikut adalah peristiwa penting dalam perjalanan Islam di Indonesia

Tahun 674 M
Sumber sejarah berita Cina melaporkan bahwa di pantai barat Pulau Sumatera telah terbentuk permukiman orang-orang Tazi atau Ta-shih (Arab)

Tahun 1082 M
Temuan nisan Fatimah binti Maimun bin Hibat Alah (w. 475 H/1082 M) di Leran, Gresik, Jawa Timur, dianggap sebagai bukti awal masuknya Islam di Jawa, terutama daerah pesisir utara jawa.

Tahun 1281 M
Seiring dengan situasi politik Majapahit yang mulai mengalami kekacauan karena perebutan kekuasaan di kalangan keluarga raja, pengaruh Islam semakin berkembang di Jawa

Tahun 1290 M
Pada abad ke-13 berdiri kerajaan Islam pertama di Indonesia, Samudera Pasai. Nama kerajaan ini berasal dari nama dua kota di pesisir timur laut Aceh, yaitu Samudera dan Pasai, yang merupakan tempat singgah kapal pedagang Arab sejak abad ke-7

Tahun 1500 M
Kesultanan Demak berdiri. Semula Demak berada di bawah pemerintahan Kerajaan Majapahit. Setelah Raden Fatah (putra raja terakhir Majapahit) dewasa, ia memperoleh kekuasaan atas daerah Demak. Atas dukungan raja Jepara, Gresik dan Tuban, Raden Fatah naik takhta menjadi raja Demak pertama dan melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit. Di bawah kepemimpinannya, Demak menjadi pusat penyebaran Islam di Jawa.

Tahun 1500 M
Kesultanan Cirebon berdiri. Tokoh yang paling berperan menjadi Cirebon sebagai kesultanan adalah Syarif Hidayatullah yang oleh sebagian sejarawan dianggap sama dengan Sunan Gunung Jati.

Tahun 1500 M
Kesultanan Ternate berdiri. Islam menjadi agama kerajaan setelah Sultan Zainal Abidin (raja Ternate ke-19) kembali dari Giri dan menyandang gelar sultan, sebagai salah satu pusat penyiaran Islam di kawasan timur, mubalig dari Ternate berdakwah ke seluruh Kep. Maluku, Sulawesi, Buyton, Sumbawa, dan Papua, bahkan sampai ke P. Sulu dan Mindanao di Filipina Selatan

Tahun 1511 M
Malaka, kerajaan maritim serta pusat perdagangan dan penyebaran Islam terbesar di kawasan Nusantara, dikalahkan Portugis. Akibat kekalahan ini, muncul pusat-pusat perdagangan dan agama Islam baru, seperti Kerajaan Aceh, Goa dan beberapa pusat perdagangan di daerah pesisir utara Jawa

Tahun 1514 M
Kesultanan Aceh (Aceh Darussalam) berdiri. Pendirinya adalah Sultan Ali Mughayat Syah. Semula daerah kekuasaannya hanya meliputi Aceh Besar dan Daya, tetapi kemudian diperluas sampai ke Pidie, Aru, Perlak, Tamiang dan Lamuri

Tahun 1524 M
Sunan Gunung Jati mendirikan kerajaan Islam terbesar di Jawa Barat, Kesultanan Banten, setelah ia menguasai Banten yang semula merupakan wilayah Kerajaan Hindu Pakuan Pajajaran.

Tahun 1525 M
Kesultanan Kutai berdiri di Kalimantan Timur pada masa pemerintahan Aji Raja Mahkota Mulia Islam atau Aji Raja Diistana atau Aji Dimakam (1525-1600)

Tahun 1538 M
Kerajaan Buton menjadi kesultanan setelah rajanya yang ke-6, Timbang Timbangan atau Halu Oleo, memeluk agama Islam

Tahun 1539 M
Setelah Raden Fatah (raja pertama Demak) wafat, sebagian bangsawan Demak melarikan diri ke Palembang, lalu mendirikan kesultanan Palembang dengan Ki Gedeng Suro (1529-1572) sebagai rajanya

Tahun 1546 M
Kesultanan Pajang berdiri sebagai kerajaan Islam pertama di pedalaman Jawa di daerah Kartasura (dekat Surakarta). Kesultanan ini hanya berusia 45 tahun sejak raja pertama (Joko Tingkir) naik takhta hingga dikuasai Mataram (1591)

Tahun 1582 M
Setelah Kesultanan Pajang runtuh, berdiri Kesultanan Mataram, Pangerazn Ngabehi Lor Ing Pasar mengangkat dirinya sebagai raja Mataram dengan gelar Panembahan Senopati Ing Ngalogo. Kesultanan Mataram memiliki andil besar dalam pengembangan dan penyiaran Islam di Jawa.

Tahun 1593 M
Kerajaan Goa menjadi kerajaan Islam. Kerajaan Goa adalah salah satu kerajaan tertua dan terbesar di Sulawesi Selatan, selain Kerajaan Luwu dan Bone. Kerajaan Goa berdiri sejak awal abad ke-13, namun agama Islam baru menjadi agama kerajaan pada masa pemerintahan Sultan Alauddin (153-1639). Ibukotanya semula bernama Somba Opu, lalu menjadi Makasar.

Tahun 1595 M
Kesultanan Banjar berdiri di Kalimantan Selatan. Kesultanan ini pada awalnya bernama Kerajaan Daha. Saat itu, Samudera (Pangeran Daha yang belum memeluk Islam) meminta bantuan Kesultanan Demak untuk merebut kekuasaan di Daha seraya berjanji akan masuk Islam. Setelah berhasil, ia memenuhi janjinya. Ia menjadi penguasa Kesultanan Banjar dengan gelar Maharaja Suryanullah (Sultan Suriansyah)

Tahun 1620 M
Sebelum menjadi kesultanan, Bima adalah kerajaan yang didominasi ajaran Hindu-Budha dan animisme. Bima menjadi kesultanan setelah rajanya, La Ka'I, memeluk Islam dan mengganti namanya menjadi Abdul Kahir.

Tahun 1722 M
Kesultanan Johor-Riau berdiri

Tahun 1723 M
Salah satu pusat penyebaran agama Islam di Sumatera Timur adalah Kesultanan Siak Sri Indrapura. Kesultanan ini didirikan oleh Raja Kecil (putra Sultan Mahmud II, penguasa Johor) yang bergelar Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah.

Tahun 1755 M
Setelah berakhir perang Giyanti (1755), wilayah kekuasaan Mataram semakin terpecah belah. Berdasarkan Perjanjian Giyanti, Mataram terpecah menjadi dua, yaitu Mataram Surakarta dan Mataram Yogyakarta. Pada tahun 1757 dan 1813, perpecahan terjadi lagi dengan munculnya Mangkunegaran dan Pakualam.

Tahun 1802 M
Muncul gerakan pembaruan Islam di Minangkabau (Gerakan Paderi) yang mendapatkan perlawanan kuat dari Kaum Adat. Akibat campur tangan Belanda, meletus perang Paderi (1812-1837). Salah seorang pemimpin Perang Paderi yang dikenal adalah Tuanku Imam Bonjol.

Tahun 1818 M
Kesultanan Riau berdiri

Tahun 1825-1830 M
Perang Diponegoro pecah sebagai gerakan perlawanan terhadap penjajah Belanda dalam rangka mengembalikan nilai-nilai keislaman dalam tatanan kehidupan masyarakat Jawa.

Tahun 1873-1904 M
Perang Aceh, perang antara masyarakat Aceh dan penjajah Belanda. Perang ini bermula ketika Belanda berusaha memperluas kekuasaan di Aceh yang saat itu terkenal sebagai penghasil lada, namun ditentang oleh Kesultanan Aceh. Bagi masyarakat Aceh, perang tersebut merupakan perang sabil ("perang suci") karena melawan "orang kafir" (Belanda).

Tahun 1888 M
Pemberontakan petani Banten

Tahun 1905 M
Jami'at Khair didirikan di Jakarta. Mayoritas anggota organisasi pendidikan muslim ini adlaah keturunan Arab meskipun terbuka untuk umum

Tahun 1905 M
H. Samanbudi mendirikan Sarekat Dagang Islam (SDI) pada 16 Oktober 1905 di Solo.

Tahun 1912 M
Tanggal 10 September 1912 Sarekat Islam (SI) didirikan. SI tumbuh dari organisasi pendahulunya, yaitu Sarekat Dagang Islam (SDI)

Tahun 1912 M
Ahmad Dahlan bersama teman-temannya mendirikan Muhammadiyah di Yogyakarta (18 November 1912). Muhammadiyah baru diakui pemerintah Hindia Belanda pada 22 Agustus 1914.

Tahun 1915 M
Al-Irsyad berdiri 11 Agustus 1915. Organisasi ini bergerak di bidang pendidikan

Tahun 1923 M
KH. Zamzam mendirikan Persatuan Islam (Persis) di Bandung pada 17 September 1923. Organisasi ini berusaha keras mengembalikan kaum muslim kepada Al-Qur'an dan hadis, menghidupkan jihad serta ijtihad; membasmi bidah, khurafat, takhyul dan memperluas tablig serta dakwah Islam.

Tahun 1925 M
Jong Islamieten Bon (JIB) berdiri dengan pelopor Raden Samsurjial, ketua umum Kongres VI Jong Java (1923). JIB dimaksudkan sebagai sarana pemersatu pemuda Islam.

Tahun 1926 M
Nahdlatul Ulama (NU) berdiri di Surabaya pada 16 Rajab 1344/31 Januari 1926 atas prakarsa KH Abdul Wahab Hasbullah dan KH Muhammad Hasyim Asy'ari

Tahun 1937 M
Majelis Islam A'la Indonesia (MIAI), organisasi sosial Islam, berdiri pada 21 September 1937. MIAI merupakan cikal bakal Masyummi.

Tahun 1945 M
Terbentuk rumusan untuk Pembukaan Undang-Undang Dasar yang dikenal sebagai Piagam Jakarta

Tahun 1945 M
Berdirinya Masyummi (Majelis Syuro Muslimin Indonesia), partai politik yang dibentuk melalui kongres umat Islam Indonesia di Yogyakarta

Tahun 1947 M
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) didirikan di Yogyakarta

Tahun 1949 M
Muncul gerakan Darul Islam-Tentara Islam Indonesia (DI-TII), yaitu gerakan politik dan militer yang bertujuan mendirikan Negara Islam Indonesia (NII) lewat proklamasi 17 Agustus 1949 oleh S. M. Kartosuwiryo di Tasikmalaya Gerakan DI-TII berlangsung selama 13 tahun.

Tahun 1952 M
Nahdlatul Ulama (NU) menyatakan keluar dari Partai Masyumi dan menjadi parpol tersendiri

Tahun 1955 M
Dalam Pemilihan Umum I tahun 1955, partai-partai Islam memperoleh total suara 43,5%

Tahun 1960 M
Masyumi membubarkan diri setelah menolak konsep kabinet yang terdiri dari empat partai (PNI, Masyumi, NU dan PKI)

Tahun 1967 M
Masjid Istiqlal, Jakarta diresmikan

Tahun 1967 M
Berdiri Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), sebuah yayasan Islam di bidang dakwah sebagai hasil musyawarah ulama dan pemuka agama seJakarta Raya.

Tahun 1968 M
Musabaqah Tilawatil Qur'an (tingkat nasional) pertama di Makassar, Sulawesi Selatan

Tahun 1972 M
Indonesia menjadi anggota OKI (Organisasi Konferensi Islam), organisasi yang bertujuan mewujudkan solidaritas Islam dan mengupayakan kerjasama negara anggota, antara lain dalam bidang politik, ekonomi, sosial-budaya dan ilmu pengetahuan.

Tahun 1975 M
Terbentuk lembaga koordinasi dan konsultasi yang menghimpun pemikiran ulama se-Indonesia, Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Tahun 1984 M
Muktamar ke-27 Nahdlatul Ulama (NU) memutuskan Pancasila sebagai asas tunggal dan pernyataan kembali ke Khittah 1926.

Tahun 1990 M
Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) terbentuk

Tahun 1991 M
Festival Istiqlal I. Festival ini menampilkan kebudayaan Indonesia yang bernapaskan Islam. Festival ini juga menampilkan kebudayaan Islam dari negara lain, seperti Malaysia, Pakistan dan Brunei Darussalam

Tahun 1991 M
Bank Muamalat Indonesia (BMI) berdiri. Setelah mendapatkan izin prinsip pada 1 Mei 1992, BMI mulai beroperasi

Tahun 1996 M
Konferensi tingkat menteri luar negeri negara OKI di Jakarta

Tahun 1997 M
Festival Istiqlal II

Tahun 1999 M
Setelah rezim Orde Baru tumbang, muncul partai-partai yang menggunakan asas Islam sebagai landasan partai pada pemilu 1999

Tahun 2003 M
Terjadi unjuk rasa besar-besaran di tanah air terhadap Amerika Serikat dan sekutunya yang menyerang Irak

Tahun 2004 M
Mahkamah Syar'iyah Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) diresmikan Dasar hukum pembentukan Mahkamah Syar'iyah di NAD adalah Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2001 tentang otonomi khusus DI Aceh sebagai Propinsi NAD

Tahun 2005 M
Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) IV di Masjid Istiqlal, tanggal 17-21 April 2005

Referensi
  • Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, Prof. Dr. Abdul Aziz Dahlan, Prof. Dr. Nurcholish Madjid, etc. Ensiklopedi Islam, Penerbit PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, 2005.
  • Prof. Dr. Nurcholish Madjid, Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, Dr. Ahmad Qodri Abdillah Azizy, MA, Dr. A. Chaeruddin, SH., etc. Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Penerbit PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, 2008, Editor : Prof. Dr. Taufik Abdullah, Prof. Dr. M. Quraish Shihab, Prof. Dr. H. Ahmad Sukardja, MA.
  • Sami bin Abdullah bin Ahmad al-Maghluts, Atlas Sejarah Para Nabi dan Rasul, Mendalami Nilai-nilai Kehidupan yang Dijalani Para Utusan Allah, Obeikan Riyadh, Almahira Jakarta, 2008.
  • Dr. Syauqi Abu Khalil, Atlas Al-Quran, Membuktikan Kebenaran Fakta Sejarah yang Disampaikan Al-Qur'an secara Akurat disertai Peta dan Foto, Dar al-Fikr Damaskus, Almahira Jakarta, 2008.
  • Tim DISBINTALAD (Drs. A. Nazri Adlany, Drs. Hanafi Tamam, Drs. A. Faruq Nasution), Al-Quran Terjemah Indonesia, Penerbit PT. Sari Agung, Jakarta, 2004
  • Departemen Agama RI, Yayasan Penyelenggara Penerjemah/Penafsir Al-Quran, Syaamil Al-Quran Terjemah Per-Kata, Syaamil International, 2007.
  • alquran.bahagia.us, keislaman.com, dunia-islam.com, Al-Quran web, PT. Gilland Ganesha, 2008.
  • Muhammad Fu'ad Abdul Baqi, Mutiara Hadist Shahih Bukhari Muslim, PT. Bina Ilmu, 1979.
  • Al-Hafizh Zaki Al-Din 'Abd Al-'Azhum Al Mundziri, Ringkasan Shahih Muslim, Al-Maktab Al-Islami, Beirut, dan PT. Mizan Pustaka, Bandung, 2008.
  • M. Nashiruddin Al-Albani, Ringkasan Shahih Bukhari, Maktabah al-Ma'arif, Riyadh, dan Gema Insani, Jakarta, 2008.
  • Al-Bayan, Shahih Bukhari Muslim, Jabal, Bandung, 2008.
  • Muhammad Nasib Ar-Rifa'i, Kemudahan dari Allah, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir, Maktabah al-Ma'arif, Riyadh, dan Gema Insani, Jakarta, 1999. 
http://al-quran.bahagia.us/_q.php?_q=sihab&dft=&dfa=&dfi=&dfq=&u2=&ui=1&nba=95

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Spektakuler Down Load 3 in 1 Ebook, Software

Judul yang satu ini, agar memikat pembaca agar bisa memanfaatkan link down load ziddu ini dari berbagai sumber


Cara Pendaftaran Paypal























































































































































  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Membuat Text Area

Text Area adalah tempat / wadah untuk memuat kalimat atau kode-kode dalam postingan yang bertujuan memudahkan pembaca untuk mengcopy.

text ini bisa berupa kalimat biasa,kode HTML atau Script yang oleh penulis dianggap sesuatu yang penting.sehigga jika akan  dicopy oleh pembaca tidak terjadi kesalahan.

Ada dua macam text area yang akan kita bahas pada pertemuan kali ini :

I.Text Area Standart

  Yaitu hanya berisi text biasa.

  Cara membuat dengan menggunakan kode di bawah ini :


<p align="left"><textarea name="code" rows="2"cols="15">   


Tulis text atau kode HTML yang sobat inginkan disini 

 </textarea></p>


  Hasilnya seperti dibawah ini :


  Ket :

" left" > posisi text area
  • " rows  "  > Tinggi text area
  • " cols "    > Lebar text area
  Silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

II.Text Area dengan Highlight

Text area ini hanya dengan mengklik tombol Highlight maka seluruh text yang ada di dalam kotak akan tercopy.

Fungsi ini menghindari tertinggalnya beberapa kata yang akan di copy.

Cara membuat  dengan menggunaka kode sebagai berikut :




<div><form name="copy"><div align="center"><span><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" value="Highlight All" type="button"> </span></div><p align="center"><textarea style="width: 150px; height: 80px;" name="txt" rows="5" wrap="VIRTUAL" cols="20"> 

Masukkan text anda di sini, maka tulisan yang ditulis akan muncul di sini dan siap di copy tanpa tertinggal oleh para pengunjung 
 </textarea></p></form></div>



Hasilnya :

Sampai disini aja dulu......

Met berkreasi.!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Cara Buat Blog

Untuk dapat membuat blog di blogger, maka anda harus mempunyai account email di gmail (google mail), jika anda belum punya email silahkan buat account email dulu di gmail.

Untuk buat email gunakan link berikut: http://mail.google.com/mail/signup




1. Jika anda sudah punya email, bisa langsung ke situs blogger http://www.blogger.com

Ketik email dan password email anda. Klik tombol masuk





2. Klik tombol ciptakan "blog anda"









3. Ketik judul blog dan url yang anda inginkan. tekan "Cek ketersediaan" Jika sukses klik tombol "Lanjutkan"






4. Pilih template yang akan digunakan, pilih salah satu (untuk menggantinya dapat dengan mudah di customize nantinya), klik tombol "lanjutkan"





5. Klik tombol Mulai Blogging





6. Akan muncul lembar kerja posting (di sini tempat untuk memasukkan tulisan)

Judul : untuk mengetik judul tulisan

Toolbar : untuk mengatur font, insert gambar, dll

Kotak teks editor :untuk menenpatkan atau mengedit teks , gambar atau kode html


Label : untuk meberi label, sama dengan kategori jika di wordpress

Opsi entri : untuk memunculkan dan menyembunyikan entri komentar di postingan nantinya



7. Klik "Simpan sekarang" untuk menyimpan tulisan, dan "terbitkan entri " untuk menerbitkan tulisan agar bisa terlihat (muncul) di halaman blog.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pengikut